visitaaponce.com

Ikatan Alumni Bantu Proses Belajar di SMAN 8 Jakarta

Ikatan Alumni Bantu Proses Belajar di SMAN 8 Jakarta
Ikatan Alumni Smandel atau SMAN 8 Jakarta memberi bantuan kepada almaternya di Jakarta, Senin (20/3).(ist)

KEBERHASILAN pendidikan di semua jenjang, mulai SD hingga SMA harus ditopang semua pihak, tidak hanya  tangung-jawab pemerntah.

Karena itu, bantuan dari para alumni kepada adik-adknya yang tengah belajar sungguh sangat berarti dan diharapkan memperlancar proses belajar dan kegiatan siswa.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Gatot Handoko ,mengatakan hal itu, Senin (20/3) usai menerima bantuan tahap pertama dari Ketua Ikatan Alumni Smandel/SMAN 8 Jakarta (IAS), Sigit Winarto.

Baca juga: SMAN 8 Jakarta Gelar Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Dalam beberapa waktu ini IAS melakukan apa yang disebutnya “Gerakan Alumni Smandel Peduli Pendidikan Siswa”.

Kembangkan Minat dan Bakart Butuh Dukungan

Gatot Handoko lebih lanjut  mengatakan, sekolah berusaha keras mempertahankan prestasi dengan tetap memberi rang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakanta dalam akademis dan kegiatan nonakademis, dan ini memang membutuhkan biaya yang besar, di luar alokasi yang disediakan pemerintah.

Ketua IAS, Sigit Winarto pada kesempatan ini mengatakan, gerakan kepedulian pendidikan  yang sangat baik ini ditujukan untuk mengetuk hati dan kepedulian alumni terhadap  proses belajar dan pendidikan murid-murid SMA 8 Jakarta saat ini.

Baca juga; Wirausaha Milik Siswa SMAN 8 Jakarta Luncurkan Tas Multifungsi

“Dengan aturan seleksi murid baru berdasar zonasi dan afirmasi, proporsional murid baru menjadi dominan (58%) adalah murid peserta KJP. Cukup sulit mempertahakan berbagai kegiatan murid Smandel, yg sudah menjadi tradisi sebagai kegiatan pengembangan wawasan dan karakter murid menjadi siswa cerdas, tangguh, dan peduli.

Apalagi untuk menjaga reputasi dan nama besar Smandel, salah satu sekolah negeri terbaik berperingkat tinggi Nasional,” papar Sigit.

Disebutkan, launching oleh IAS pada 28 Januari 2023, berawal dari diskusi dan rapat rutin bulanan seluruh stakeholder Smandel.

Perwakilan guru, Komite dan Koordinator orang tua siswa angkatan 2025 menyampaikan beratnya situasi saat ini yang  memang belum pernah terjadi sepanjang sejarah Smandel.

Donasi Disalurkan kepada Forsa 25

“Secara periodik donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada Forsa 25, yang akan memberikan laporan penggunaan dana donasi tersebut kepada IAS.Kita semua cinta dan bangga sebagai alumni sekolah terbaik dan memiliki tradisi panjang meluluskan murid² pintar yang merajai sbg mahasiswa/i di PTN-PTN  paling top negeri ini,” ujar Sigit.

Harapan Terus Berprestasi

Sementara Ketua Forsa 25  (Forum Komunikasi Orang Tua Generasi Emas 2025), Eva, mengucapkan banyak terimakasih kepada IAS (Ikatan Alumni SMA 8)  atas doa, dukungan, dan kepercayaan memberikan bantuan pendidikan untuk siswa-siswa SMA 8 angkatan 25 yang membutuhkan.

Baca juga: Dalam Turnamen Basket, Para Alumni SMAN 8 Dukung Penguatan UMKM

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan semua siswa dapat menjalankan dan mengikuti kegitan pendidikan di SMA 8 dengan baik dan tetap terus berprestasi.

“Kami doakan semoga kegiatan dan hubungan baik dengan  IAS dapat terus berlanjut dan anggota IAS semua selalu dilimpahi keberkahan dari Allah SWT,” ujarnya singkat.

Bantu Almater SMAN 8 Jakarta

Sedangkan Ketua Komite SMAN 8 Jakarta, Arie Ariesta yang ikut hadir dalam pemberian donasi itu mengatakan, hari ini adalah momen spesial dimana IAS memulai langkah nyata untuk membantu almamater tercinta SMAN 8 Jakarta dengan memberikan bantuan tahap 1 demi terlaksananya kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan.

Saat ini kondisi sudah berubah dimana siswa-siswi SMAN 8 Jakarta sudah semakin heterogen. Namun karena SMAN 8 Jakarta dalam hal prestasi posisinya sudah terlanjur ada di atas, maka merupakan tantangan kita bersama untuk mempertahankan posisi tersebut. 

“Insya Allah bantuan ini akan terus berlanjut demi kelancaran kegiatan akademis dan non akademis, terutama siswa-siswi SMAN 8 Jakarta 100% diterima di perguruan tinggi impiannya masing-masing,” kata Arie.  (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat