visitaaponce.com

Ikatan Alumni Fisika FMIPA USU Bertekad Wujudkan PLTN di Indonesia

Ikatan Alumni Fisika FMIPA USU Bertekad Wujudkan PLTN di Indonesia
Ikatan Alumi Fisika USU(MI/HO)

SEMINAR dan Pelantikan Ikatan Alumni Fisika Universitas Sumatra Utara (Ikafu), yang diselenggarakan pada Sabtu (18/5), di Kampus UNHAN Sentul Bogor, mengukuhkan tekad para alumni Departemen Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatra Utara (USU) .

Salah satu Alumni Fisika FMIPA USU, Helvis, memaparkan saat ini Indonesia belum memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi secara komersial. 

Menurutnya, Indonesia harus memiliki target energi terbarukan yang ambisius. Bagaimana tujuan-tujuan ini dapat diimbangi dengan potensi manfaat tenaga nuklir. Indonesia menurutnya memiliki ruang untuk keduanya dalam bauran energi Indonesia. 

Baca juga : Hadapi Pemilu 2024, IKA USU Jakarta Dukung Demokrasi dan Jaga Netralitas

Sebagai highlight kegiatan IKAFU ini tidak hanya kegiatan seremoni pelantikan dan temu kangen, namun lebih jauh, sebagai alumni jurusan fisika, mereka membahas 

Tantangan dan peluang terwujudnya PLTN untuk kemandirian energi nasional sebagai  pengganti sumber energi fosil, dengan tema Kebijakan dan Tantangan Mewujudkan Energi Nuklir Sebagai Pembangkut Listrik Tenaga Nuklir.

Ikafu ini dalam masa periode kepengurusan 2024-2029 berkomitmen untuk meyakinkan masyarakat akan manfaat PLTN ini.  

Baca juga : Kepengurusan IKA FEB USU Periode 2022/2026 Diperkenalkan

Secara hukum, regulasi sudah mendukung bahkan perjanjian dengan negara ASEAN mendukung penggunakan nuklir ini sebagai kebutuhan energi nasional yang disesuaikan dengan pemilihan lokasi yang aman seperti lokasi yang jauh dari penduduk dan menolak utk pengayaan dalam persenjataan/pemusnah massal. 

"Saya sebagai Ketua Umum Ikafu terpilih Kol (AU). Dr. Ir. Sovian Aritonang, S.Si.,M.Si. berupaya menyampaikan kepada Presiden terpilih Jenderal TNI Purn  Prabowo Subianto untuk menjadikan PLTN sebagai salah satu program nasional. Demikian saya sampaikan kepada beliau, program ini akan mulai kita bahas dalam pertemuan Ikafu di Danau Toba thn 2024 ini,” kata Sovian. 

Kegiatan Temu alumni dan seminar sekaligus pelantikan pengurus Periode 2024 – 2028 ini dilakukan karena Ikafu ingin berkontribusi dalam kemajuan Indonesia, juga muncul dari rasa kerinduan para alumni untuk membentuk suatu wadah dimana para alumnus dapat berkumpul, bersilaturahmi dan menyalurkan aspirasi serta membentuk komunikasi yang baik dengan institusi maupun dengan sesama alumnus. 

Baca juga : Agus Dwi Handaya Terpilih Sebagai Ketua Umum IKA FEB USU 2022-2026

Acara ini merupakan tindak lanjut dari reunian para alumni Fisika USU se Indonesia di Bogor, Juni 2023 lalu. 

Lagu Indonesia Raya berkumandang mengawali acara pelantikan. Gelaran bergengsi alumni Fisika USU ini dihadiri Ketua Alumni FMIPA USU Heri Batanghari Nasution, yang diwakili Sekretaris Jendral Riyanto Sinaga.

Turut hadir Ketua Program studi Fisika USU Tulus Ikhsan Nasution, yang dalam sambutannya, mengungkapkan pentingnya ikatan alumni tersebut dalam memberikan informasi dan juga dalam rangka pengembangan sumber daya mahasiswa di kampus melalui pengembangan ilmu dan kolaborasi dengan masyarakat melalui program belajar merdeka. 

Baca juga : Hasrul Benny Resmi Pimpin IKA-FH USU hingga 2026

Disebutkan sebagai contoh saat ini jurusan Fisika USU melakukan program belajar merdeka di bidang instrumentasi di sebuah desa binaan, Meat - Sumatra Utara yang berkontribusi dalam mendukung desa tersebut menjadi desa wisata. 

Ketua IKA USU Wilayah Jakarta Tujuh Martogi Siahaan, yang diwakili oleh wakil ketuanya Tiomora Sitanggang, turut memberikan selamat dan semangat kepada ketua dan para pengurus alumni yang terpilih dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi sumber daya ke depannya.

Dalam kata sambutannya, Ketua Ikafu terpilih Sovian Aritonang mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan rekan semua dari IKA FMIPA Sejabodetabek, Ketua Jurusan Fisika USU, Dekan Pakar Prof  Timbangan Sembiring, para alumni, baik yang hadir secara offline maupun online. 

Fisika USU berdiri pada 1965 dan sudah lebih 1.000 alumni tersebar di seluruh dunia baik sebagai Guru Besar/Akademis, Dosen, TNI, Polri, ASN Pengusaha, Pemerintahan. 

Jika melihat data tersebut potensi yang sudah dimiliki alumni Fisika (Ikafu) sdh sangat luar biasa jadi sangat perlu dihimpun dan menyalurkan inpirasi bagi kepentingan Tridharma, dan juga kepentingan institusi (FMIPA, Fisika), dan juga kepentingan negara dalam rangka membantu pemerintah untuk menyelesaikan masalah baik masalah sampah, kemandirian energi nasional (PLTN) atau EBT. 

Acara berlangsung meriah yang dihadiri para alumni Fisika USU di sekitar Jabotabek dan juga dari Medan khusus datang sebagai perwakilan pengurus. Acara juga dilakukan secara luring sehingga acara dapat di saksikan oleh semua alumni yang ada di seuluh Indonesia, bahkan salah seorang alumni di LA Amerika juga menyempatkan hadir secara luring dalam acara ini.

Acara ditutup dengan acara ramah tamah, bernyanyi bersama serta doa penutup. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat