visitaaponce.com

Siapa Ahmad Taufan Damanik Panelis Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Ini Profilnya

Siapa Ahmad Taufan Damanik Panelis Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024? Ini Profilnya
Salah satu panelis debat capres-cawapres perdana Pilpres 2024, Ahmad Taufan Damanik.(Antara)

DOSEN Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (USU), Drs. Ahmad Taufan Damanik, merupakan salah satu panelis dalam Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024. Sebagai mantan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ke-11, Taufan membawa pengalaman luas dan komitmen kuat terhadap isu-isu kemanusiaan ke panggung perbincangan nasional.

Pemilihan Taufan sebagai panelis tidak terlepas dari latar belakangnya yang kaya akan dedikasi terhadap advokasi hak asasi manusia dan hak anak. Sebagai seorang akademisi, Taufan telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu sosial dan politik, mulai dari peran sebagai dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU (1987-2003) hingga posisinya saat ini sebagai dosen Departemen Ilmu Politik FISIP USU.

Baca juga: Begini Penampakan Venue Debat Capres Pertama di Kantor KPU RI Malam Ini

Selain itu, jejak internasionalnya yang gemilang tampak dari perannya sebagai Indonesia Representative of Child Rights to the Asean Commission on the Promotion and Protection on the Rights of Women and Children (ACWC) pada periode 2013-2016. Ini mencerminkan komitmen Taufan terhadap perlindungan hak anak di tingkat regional.

Pada periode kepemimpinan Taufan sebagai Ketua Komnas HAM (2017-2022), ia berhasil memimpin lembaga ini dengan integritas dan keberanian dalam menangani berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia. Setelah menyelesaikan masa jabatannya, Taufan kembali ke pangkuan akademis sebagai dosen di Universitas Sumatera Utara.

Baca juga: Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Panelis Debat Capres-Cawapres 2024

Proses seleksi panelis debat melibatkan pemilihan 11 tokoh dengan latar belakang sesuai tema debat pertama. Taufan, yang juga memiliki latar belakang pendidikan dari University of Essex, Inggris (lulus tahun 2005), membawa nuansa berbeda dalam perbincangan tersebut. Karirnya yang kaya, mulai dari dosen hingga aktivis hak asasi manusia, membuatnya menjadi salah satu figur yang diandalkan dalam menyuarakan pandangan kritis terkait isu-isu strategis bangsa.

Dengan demikian, peran Ahmad Taufan Damanik sebagai panelis bukan hanya sekadar representasi dari kalangan akademis, tetapi juga sebuah wujud kepedulian terhadap masa depan bangsa. Keterlibatannya dalam debat Pilpres 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam merumuskan wacana kebijakan dan membuka ruang dialog yang lebih luas di tengah masyarakat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat