visitaaponce.com

Begini Penampakan Venue Debat Capres Pertama di Kantor KPU RI Malam Ini

Begini Penampakan Venue Debat Capres Pertama di Kantor KPU RI Malam Ini
Tiga kandidat capres pada Pemilu 2024(Antara)

HALAMAN Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah disulap menjadi venue atau lokasi debat calon presiden (capres) pertama yang bakal digelar nanti malam mulai 19.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, tata letak panggung debat dibuat melingkar dengan dikelilingi tribun untuk penonton. Adapun atapnya berbahan plastik transparan menutupi seluruh area panggung.

Panggung utama debat berbentuk lingkaran dengan karpet berwarna hitam. KPU juga menyediakan enam kursi yang bakal dipergunakan untuk tiga pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres). Sementara itu, terdapat kursi dan meja moderator di depan panggung.

Baca juga : Profil Susi Dwi Harijanti, Panelis Debat Perdana Capres

Sejumlah kursi yang dilapisi kain warna hitam juga sudah tampak berjejer di sekitar panggung. Adapun tribun panggung paling atas dikelilingi layar televisi dan pendingin udara. Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan, konsep debat pertama menggunakan format town hall meeting.

"Jadi posisinya melingkar, kemudian paslon di stage tengah. Itu town hall," terangnya, Jumat (8/12) lalu.

 

Foto-Foto Dok. MI/Tri Subarkah

 

Baca juga : Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Panelis Debat Capres

Debat pertama dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga akan dimoderatori oleh Ardianto Wijaya serta Valerina Daniel dan ditayangkan seluruh stasiun televisi nasional.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Purnomo Condro menyebut sebanyak 2.120 personel gabungan dari pihaknya, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diterjunkan pada gelaran debat pertama. Pasukan digelar mulai dari Bundaran HI, perempatan Jalan Agus Salim dengan Jalan Imam Bonjol, perempatan Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro, Jalan HOS Cokroaminoto, sampai Taman Suropati.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari Jalan Imam Bonjol depan Kantor KPU RI mulai pukul 15.00 WIB, bertepatan dengan jam pulang kerja kantor.

"Arus dari Bundaran HI itu kami akan alihkan dari Jalan Agus Salim ataupun Jalan Pamekasan, sementara arus lalin dari Jalan Diponegoro kami alihkan, baik ke Jalan Cokroaminoto ataupun ke arah Rasuna Said," jelasnya. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat