visitaaponce.com

Ahli Ada Pengakuan Diam-Diam Anies-Ganjar Soal Keabsahan Pencalonan Gibran

Ahli : Ada Pengakuan Diam-Diam Anies-Ganjar Soal Keabsahan Pencalonan Gibran
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka(MI/Widjajadi)

GURU Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej mengatakan keabsahan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden tidak perlu dipersoalkan lagi. Bahkan, kata Eddy, ada pengakuan diam-diam dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bahwa Gibran sah sebagai cawapres.

Hal itu disampaikan Eddy saat memberikan keterangan sebagai ahli dari pihak terkait Prabowo-Gibran dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (4/4).

Eddy mengatakan ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan keputusan terkait pasangan calon presinden (capres) calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, maka pasangan calon lainnya yang merasa keberatan atas keabsahan tersebut, bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Baca juga : Anies Baswedan Respons Gibran yang Ingin Minum Kopi Bareng Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud MD

"Ketika ini (gugat ke PTUN) tidak dilakukan, berarti pasangan 01 maupun 03 telah melakukan apa yang kita sebut dengan melepaskan haknya," kata Eddy.

Eddy menilai, ketika seluruh pasangan capres dan cawapres masing-masing mengikuti semua tahapan pemilu, bisa dikatakan ada pengakuan diam-diam terhadap pencalonan Gibran.

"Secara de facto pada masa kampanye saat debat calon presiden dan wakil presiden, hal ini tidak pernah dipersoalkan, artinya ada pengakuan secara diam-diam," jelasnya.

Eddy mengatakan, KPU hanya melaksanakan putusan MK ketika menerima pencalonan Gibran sehingga masalah batas usia ini seharusnya dipersoalkan ke MK, bukan KPU.

"Dengan demikian dalil terkait keabsahan paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu sebetulnya sudah close the case,” kata dia. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat