visitaaponce.com

Profil Susi Dwi Harijanti, Panelis Debat Perdana Capres-Cawapres 2024

Profil Susi Dwi Harijanti, Panelis Debat Perdana Capres-Cawapres 2024
Susi Dwi Harijanti.(DOK PRIBADI)

PROF Susi Dwi Harijanti SH LLM PhD menjadi salah satu perempuan yang akan menjadi panelis dalam debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (12/12).

Susi adalah guru besar di Universitas Padjadjaran (Unpad). Ia lahir pada 16 Januari 1966 di Malang, Jawa Timur. Susi dikenal sebagai pakar hukum yang telah menghasilkan berbagai jurnal, makalah, dan buku selama karier.

Susi menyelesaikan pendidikan sekolah hingga SMA di Bandung, Jawa Barat. Setelah itu melanjutkan studi S1 di Unpad. Pada 1990, ia berhasil memperoleh gelar sarjana hukum dengan fokus pada peminatan hukum tata negara.

Baca juga: 

Dengan dukungan beasiswa dari pemerintah Australia, Susi berhasil menyelesaikan studi S2 dan S3 di luar negeri. Ia memperoleh gelar Master of Laws (LLM) pada 1998 dari The University of Melbourne dan gelar PhD pada 2011, juga di universitas yang sama.

Pada 2018, Susi diangkat menjadi profesor di Unpad, tempatnya mengajar selama 30 tahun sejak 1993. Program S1 yang diajarnya adalah pengantar hukum, hukum tata negara, hukum kewarganegaraan, peraturan perundang-undangan, hingga hukum acara Mahkamah Konstitusi.

Baca juga: 

Susi juga menjadi pengajar untuk program magister di Unpad untuk subjek teori dan hukum tata negara, perbandingan hukum tata negara, serta sistem peradilan negara.

Selain aktif sebagai dosen, Susi terlibat sebagai reviewer di beberapa jurnal nasional, termasuk jurnal hukum Ius Quia Iustum (FH UII), dan menjadi anggota Asosiasi Pengajar HTN-HAN. Pada 2015, ia menjadi salah satu pendiri Asosiasi Dosen Perbandingan Hukum Indonesia bersama dengan dosen lain dari berbagai universitas.

Sedangkan pada tingkat internasional, Susi menjadi anggota Asosiasi Internasional Hukum Perbandingan, serta Senior Associate di Center for Indonesian Law, Islam, dan Society. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat