visitaaponce.com

Prabowo yang Emosional Menguntungkan Lawan

Prabowo yang Emosional Menguntungkan Lawan
Capres nomor urut satu Prabowo Subianto saat debat capres.(AFP/ADEK BERRY )

CAPRES Prabowo Subianto seharusnya sudah sejak lama menyadari forum debat merupakan salah satu pusat perhatian publik untuk menentukan pilihannya dalam pemilu 14 Februari 2024. 

Dengan menyadari hal tersebut maka seharusnya Prabowo tidak larut dalam emosional pasca-debat ketiga yang nantinya akan berdampak langsung terhadak sikap pemilih kepadanya. Pernyataan ini disampaikan pakar politik CSIS Nicky Fachrizal saat dihubungi, Kamis (11/1).

"Forum debat ini adalah wadah adu gagasan dan ide juga program dan saling mengkritisi. Emosi di forum debat itu harusnya disudahi dan diatur karena publik menilai. Jika seperti ini (Prabowo) diserang emosi apalagi belarut larut artinya pengendalian emosinya jelek dan pemilih yang rasional akan berpikir layak tidaknya dia menjadi pemimpin," jelasnya.

Baca juga : Prabowo Minta Maaf Usai Debat, Anies: Boleh-boleh Saja

Dengan kesadaran tersebut maka suka atau tidak suka pengendalian diri dan kontrol emosi menjadi keharusan. Publik pun akan memutuskan pilihannya pada hari yang sudah ditentukan.

"Kalau ini jadi panjang publik akan mempertanyakan capres ini dan menilai jiwa kepemimpinannya," sambungnya.

Lebih jauh dampak dari sikap tersebut pasangan ini akan kehilangan suara pemilih apalagi bagi pemilih yang komprehensif akan memberikan keuntungan bagi pasangan capres yang menjadi lawannya.

"Bagi pemilih rasional bisa melihat itu. Tapi juga tantangan kita ke depan adalah pemilih rasional yang berhadapan dengan pemilih sentimental. Bisa jadi Prabowo sedang menyasar pemilih yang sentimental dengan caranya seperti ini," tukasnya. (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat