visitaaponce.com

Jokowi Evaluasi soal Debat Ditujukan untuk Ketiga Capres

Jokowi : Evaluasi soal Debat Ditujukan untuk Ketiga Capres
Presiden Joko Widodo(Antara/Sulthony Hasanuddin)

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan pernyataannya soal evaluasi debat ketiga calon presiden (capres) ditujukan untuk perbaikan semua pihak. Jokowi mengatakan pesan yang disampaikan untuk tiga pasangan calon (paslon).

"Saya berbicara untuk ketiga calon dan untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Juga untuk instrospeksi kita semuanya. Untuk evaluasi kita semuanya. Saya tidak berbicara (untuk) satu calon atau dua calon," tutur presiden saat memberikan keterangan pers di Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1). 

Presiden akan melakukan lawatan ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam selama beberapa hari.

Baca juga : Jokowi Sebut Data Pertahanan Tak Bisa Dibuka, Anies: Jangan Berlindung dalam Kerahasiaan

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi turut berkomentar soal debat ketiga calon presiden (capres) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1). Menurutnya pada debat para capres justru saling menyerang. Tidak terlihat substansi dari visi yang mereka sampaikan.

"Memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan yang keliatan justru saling menyerang yang sebetulnya enggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi enggak apa-apa," ujar presiden saat memberikan keterangan di Serang, Banten, Senin (8/1).

Presiden mengatakan debat seperti itu kurang memberikan pendidikan dan edukasi bagi masyarakat, apabila sudah menyerang secara personal dan tidak ada hubungannya dengan substansi debat. Debat ketiga capres membahas hubungan internasional, geopolitik serta pertahanan.

Baca juga : Anies Terkejut dengan Komentar Jokowi Soal Debat

"Kalau sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton," imbuh presiden.

Menurutnya penonton kecewa dengan debat semalam. Ia juga menyarankan agar format debat dibuat lebih baik lagi.

Saling menyerang, sambung Jokowi, tidak apa-apa tetapi dari segi kebijakan dan visi capres, bukan saling menjatuhkan yang menurutnya dengan motif personal.

"Saya kira akan banyak yang kecewa sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi. Ada rambu-rambu sehingga hidup," ucapnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat