visitaaponce.com

Merayakan Hardiknas 2024, Hara Dipta Membakar Inspirasi

Merayakan Hardiknas 2024, Hara Dipta Membakar Inspirasi
Panggung inspiratif yang digelar Iluni Menwa UI dalam rangka memperingati Hardiknas 2024(Dok. Iluni Menwa UI)

UNTUK merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas 2024), Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Iluni Menwa UI) menggelar acara panggung inspiratif yang diberi judul Hara Dipta pada Sabtu (4/5) kemarin. Acara ini berlangsung di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus Depok.

Ketua Iluni Menwa UI Mona Liza menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi remaja pencari kerja. Di mana 70% dari mereka tidak bekerja sesuai dengan minat atau latar belakang pendidikan mereka. Oleh karena itu, acara ini dianggap sangat penting.

"Saya ingin menginspirasi mereka untuk tetap menghargai diri mereka sendiri dan menghasilkan karya atau pekerjaan bernilai tinggi bagi banyak orang," katanya, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (8/5).

Baca juga : Aktivitas Pembangunan Perlu Memperhatikan Aspek Budaya

Acara yang menggabungkan bincang-bincang, pentas seni, dan budaya ini mendapat perhatian penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

Menparakef menyatakan bahwa visi menuju Indonesia Emas 2045 merupakan masa depan yang penuh harapan, dan salah satu langkah untuk mencapainya adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing, termasuk melalui kegiatan pengembangan diri seperti fun talkshow ini.

Sejalan dengan itu, Menpora Dito Ariotedjo juga mengharapkan agar kegiatan semacam ini dilakukan secara masif sebagai persiapan menghadapi era mendatang.

Baca juga : Organisasi Pengembangan Seni, Budaya, dan Ekonomi Kerayatan, Dvisasa Majantara Dideklarasikan

Dengan tema Money or Passion? The Smartest, The Richest or The Hottest, acara ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai latar belakang, termasuk pelajar, orang tua, dan anggota komunitas budaya. Sejumlah tokoh inspiratif dari berbagai profesi turut menyemarakkan acara ini, seperti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, yang merupakan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X (Raja Mangkunegaran).

Tokoh-tokoh inspiratif lainnya yang ikut serta dalam panggung inspirasi ini adalah Gunawan Wicaksono, yang menjabat sebagai Chief Photo Editor di TEMPO News Magazine, Fauzi Ahmad, seorang Personal Development Coach and Trainer Pageant Competition, serta Firdaus Fadlil, seorang fotografer Indonesia yang telah mendunia.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh perempuan yang bergerak di berbagai bidang profesi dan keahlian, seperti Dewi Fajar Marhaeni, yang menjabat sebagai Ketua Umum Bakul Budaya dan menggerakkan kegiatan anti-intoleransi dengan cara mencintai tradisi, budaya, dan bumi Indonesia. Hadir pula Indri Mohana, seorang model profesional, pembaca tarot, dan artis multitalenta, serta Lisda Cancer, yang menjabat sebagai Kepala Bagian Pembinaan Fungsi Pusdokkes Polri.

Baca juga : Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway, Gelar Audisi Penari

Turut serta pula Eni Gustina, yang menjabat sebagai Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi di BKKBN, Riza Sarasvita, yang menjabat sebagai Deputi Rehabilitasi di BNN, serta Corina D. Riantoputra, seorang Guru Besar bidang Psikologi Kepemimpinan dan Staf ahli di PT KAI.

Salah satu peserta fun talkshow, Kepala Sekolah SMP 216 Salemba Imam mengungkapkan bahwa acara ini sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan informasi saat ini. Mereka berharap acara ini dapat menyajikan sesi interaktif yang lebih baik di masa depan.

“Alhamdulillah acaranya bagus banget, kontennya esensial, dan memuat informasi kekinian yang dibutuhkan anak-anak zaman sekarang. Kegiatannya juga berlangsung dengan baik, narsum yang dihadirkan orang-orang hebat,” ujarnya.

Acara semakin meriah dengan penampilan Bakul Budaya yang menampilkan tarian Kaluhuran Nuswantara, Rap Performance dari Syahla (Siswi SMAIA Al Azhar), dongeng bertajuk Wanita dan Indonesia yang dibawakan oleh Adhiya Nabila (Siswi Flexi School), serta flashmob dari Forum GenRe Depok. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan peserta lomba pembacaan puisi karya Yelinda, seorang penulis muda alumni FIB UI, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba fotografi, lomba kostum, serta Tiktok Dance Challenges. #MIA (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat