visitaaponce.com

Anggaran Makan Siang Gratis Rp71 Triliun, Kejelasan Program Tentukan Efektivitas

Anggaran Makan Siang Gratis Rp71 Triliun, Kejelasan Program Tentukan Efektivitas
Siswa menunjukkan menu makan dalam simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024).(MI/Susanto)

PENGAMAT kebijakan publik Universitas Indonesia (UI) Irfan Ridwan Maksum menilai anggaran makan siang gratis senilai Rp71 triliun tidak akan efektif dalam implementasinya. Pasalnya, program presiden terpilih Prabowo Subianto itu harus dirancang secara matang sebelum benar-benar diberlakukan.

"Kalau enggak jelas, berapapun biayanya enggak akan efektif. Sebaliknya kalau jelas, bisa jadi efektif," ujarnya kepada Media Indonesia, Selasa (25/6).

Menurutnya, pemerintah perlu memastikan data-data atau sasaran dari program tersebut. Soalnya, pelajar Indonesia yang banyak hingga ke daerah pelosok bukanlah hal mudah dalam mengimplementasikan suatu program.

Baca juga : Luhut Sebut Makan Siang Gratis Dianggarkan Mulai dari Rp20 triliun

"Sudahkah dicek betul sasarannya? Jumlah sasaran? Makan siang gratis menunya apa, apakah seragam seluruh Indonesia atau bervariatif? Bagaimana memastikan seragam atau tidak, berapa biayanya dengan seragam atau variasi per unit?" imbuhnya.

Hal tersebut jelas tidak bisa dipastikan tanpa riset terlebih dahulu. Banyak program yang sudah dicanangkan berujung gagal atau tidak efektif. Karenanya program makan siang gratis dengan angka yang mencapai Rp71 triliun harus melalui proses yang benar.

"Belum lagi tenaga implementator di mana dan seperti apa? Siapa produsennya? Apakah oleh pemerintah atau pemda atau rekanan? Ini di sekolah atau masyarakat?" ucapnya.

Program dengan anggaran seperti itu harusnya tidak diterapkan secara serampangan atau terburu-buru. Apalagi hal itu bukan suatu kebutuhan yang urgen bagi masyarakatnya di tengah tantangan ekonomi saat ini. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat