visitaaponce.com

Metode Pembelajaran Aktif Ajak Siswa Lebih Interaktif

Metode Pembelajaran Aktif Ajak Siswa Lebih Interaktif
Ilustrasi(freepik.com)

FASILTAS modern dan teknologi maju menjadi salah satu faktor yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis bagi siswa dan mendukung perkembangan keterampilan abad ke-21. Lebih penting lagi, pembelajaran aktif yang memastikan setiap siswa mendapatkan perhatian individu dan pengalaman belajar yang interaktif. 

Keterampilan seperti kolaborasi, pemikiran analitis, dan kewirausahaan turut menjadi bagian dari pendidikan berkualitas untuk menjadi bekal yang diperlukan oleh siswa mendatang. 

Hal tersebut yang menjadi pembahasan dalam diskusi panel yang digelar Inspirasi Schools Sidoarjo. Diskusi dipandu langsung oleh pendiri Inspirasi Schools yaitu Jaspal Sidhu, warga Singapura yang juga pendiri SIS Group of Schools di Indonesia dan Asia. 

Baca juga : Permudah Pengelolaan Sekolah, Indibiz Hadirkan Solusi Manajemen Sekolah Digital

"Dengan bekal tersebut, dalam 15 tahun ke depan, para siswa Inspirasi Schools diharapkan menjadi individu yang siap menghadapi tantangan global dan berkarakter kuat," kata Jaspal dalam diskusi yang dihadiri juga oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

Inspirasi Schools, dengan lokasi pertama di Sidoarjo Jawa Timur ini, akan membuka tahun ajaran pertama di bulan Juli 2024 dengan fokus pada pentingnya pembentukan karakter siswa sejak dini yang disampaikan oleh tenaga profesional yang berdedikasi tinggi, sehingga dapat menerapkan sistem pengajaran dan inovatif terbaik di sekolah.

Mengintegrasikan kurikulum Singapura dan program lokal terbaik, didukung oleh pelaksanaan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, menjadikan Inspirasi Schools sebagai institusi pendidikan yang tidak hanya menekankan pada keunggulan akademis tetapi juga pengembangan holistik siswa.

Baca juga : Pelajar SMA Jakarta Hadirkan Alat Filter Udara Kurangi Polusi

Bibie Nariswari, Kepala Sekolah Inspirasi Schools, Sidoarjo, menambahkan sekolah memberikan wadah seluas-luasnya bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya.

"Tersedia Creativity Cove yang merupakan ruang inovatif yang dirancang untuk menginspirasi dan memelihara imajinasi anak-anak dimana anak-anak dapat membebaskan kreativitas mereka dan aktif terlibat dalam eksplorasi dan kreasi," kata Bibie.

Tak hanya itu, sekolah juga mendorong siswa untuk mengembangkan minatnya dalam bidang olahraga. Melalui kawasan Goal Zone Arena yang merupakan pusat permainan sepak bola, siswa berbagai tingkat kelas dapat memamerkan keterampilan mereka dan bersaing dalam pertandingan yang kompetitif. Di samping itu, Kinderbook Kingdom menyediakan berbagai genre buku bacaan yang menarik bagi siswa.

"Sekolah menggunakan metode pembelajaran aktif yang memastikan setiap siswa mendapatkan perhatian individu dan pengalaman belajar yang interaktif. Dengan demikian, diharapkan para siswa tidak hanya akan unggul dalam akademis tetapi juga siap menghadapi tantangan global di masa depan," kata dia. (H-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat