visitaaponce.com

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan di Chile Melampaui 110 orang

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan di Chile Melampaui 110 orang
Kebakaran hutan melanda wilayah Valparaiso di Chile Tengah, menewaskan setidaknya 112 orang dan membuat puluhan orang hilang. (AFP)

ANGKA kematian akibat kebakaran hutan yang melanda Chile Tengah mencapai setidaknya 112 orang, Minggu, setelah Presiden Gabriel Boric memperingatkan angka tersebut akan meningkat "secara signifikan", karena tim pencarian menyisir lingkungan yang hancur.

Petugas terus melawan api di wilayah wisata pantai Valparaiso di tengah gelombang panas musim panas yang intens, dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius (104 derajat Fahrenheit) selama akhir pekan.

Abraham Mardones, seorang tukang las yang melarikan diri dari rumahnya yang terbakar di Vina del Mar, mengatakan kepada AFP bahwa dia dengan sempit berhasil lolos dari kobaran api yang berkecepatan tinggi yang melanda lereng bukit pada hari Jumat dan melalui beberapa blok kota di kota tepi pantai itu.

Baca juga : 99 Tewas Dalam Kebakaran Hutan di Chile

"Kami melihat lagi dan api sudah sampai di tembok kami. Hanya butuh 10 menit. Seluruh bukit terbakar," katanya.

"Api menghabiskan segalanya - kenangan, kenyamanan, rumah. Saya hanya tinggal dengan baju kerja saya dan sepasang sepatu olahraga yang diberikan sebagai hadiah," kata Mardones kepada AFP. "Saya hanya bisa menyelamatkan anjing saya."

Ketika kembali pada hari Minggu, dia mengatakan menemukan beberapa tetangga yang tewas dalam kobaran api.

Baca juga : 46 Tewas Akibat Kebakaran Hutan di Chile

Teman-temannya lewat mengemudikan truk "membawa jenazah yang terbakar dari saudara laki-laki mereka, ayah mereka, putri mereka."

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pada Minggu malam bahwa kantor dokter forensik telah menerima 112 korban tewas, di mana 32 di antaranya telah diidentifikasi, dan masih ada 40 kebakaran yang aktif di negara tersebut.

Berbicara sebelumnya di Quilpue, sebuah komunitas di lereng bukit yang hancur dekat Vina del Mar, Boric mengatakan jumlah korban tewas adalah 64 tetapi "kami tahu ini akan meningkat secara signifikan," menambahkan bahwa ini adalah bencana paling mematikan di negara ini sejak gempa bumi dan tsunami tahun 2010 yang menewaskan 500 orang.

Baca juga : Tim Gabungan Masih Berupaya Padamkan Api di Lereng Gunung Panderman Kota Batu

Walikota Vina del Mar, Macarena Ripamonti, mengatakan kepada wartawan "190 orang masih hilang" di kota itu.

"Tidak ada satu rumah pun yang tersisa di sini," kata pensiunan Lilian Rojas, 67 tahun, kepada AFP mengenai lingkungannya di dekat kebun botani Vina del Mar, yang juga hancur dalam kobaran api. (AFP/Z-3)

Baca juga : 14 Migran Venezuela Tewas dalam Kebakaran di Chile

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat