visitaaponce.com

Kerugian akibat Kebakaran Pasar TU Kayu Manis Rp2 Miliar

Kerugian akibat Kebakaran Pasar TU Kayu Manis Rp2 Miliar
Kebakaran Pasar Kayu Manis.(MI/Dede Susianti)

KERUGIAN dampak dari peristiwa kebakaran di Pasar Induk Teknik Umum (TU) Kayu Manis, di Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, ditaksir mencapai Rp2 miliar. Hal itu karena banyak kios dan barang-barang dagangan, sarana, dan prasarana yang hancur dan hangus terbakar.

"Kami sedang melakukan pendataan pedagang. Sekitar ada 60-an lapak yang terimbas kebakaran. Kerugian mencapai Rp2 miliar," kata Direktur Utama PD Pasar Ppakuan Jaya, Jenal Abidin, kepada wartawan, Selasa (2/7).

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran pada Senin (1/7) sekitar pukul 14.15 WIB itu terjadi di dua Blok yaitu C-16 dan C-17. Masing-masing blok beriisi 30 lebih kios. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya satu pedagang mengalami luka ringan.

Baca juga : Penolakan Relokasi Pedagang Pasar Bogor, DPRD Gelar Mediasi

Langkah berikutnya, lanjut Jenal, kios-kios yang terdampak itu akan direlokasi dulu ke blok lain yang ada di pasar itu. Sekadar diketahui secara keseluruhan di pasar tersebut ada 24 blok. Pasar Induk TU Kayu Manis merupakan sentra pangan Kota Bogor, Citayam, Depok, dan beberapa daerah lain.

"Sementara kita relokasi dulu ke blok lain, sambil membetulkan yang terbakar. Ada juga pedagang yang juga beres-beres lapak, dan akan mengisi lapaknya kembali," ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk perbaikan akan segera dilakukan setelah pendataan selesai. Untuk kondisi saat ini aktivitas jual beli tetap berjalan, termasuk kegiatan distribusi atau bongkar muat barang. "Alhamdulillah distribusi barang keluar masuk pasar masih terkendali. Pasar berjalan seperti biasa," pungkasnya.

Secara terpisah Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari menyatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut. "Ikut prihatin atas kerugian yang terjadi dari siapapun. Yang dirugikan lumayan banyak," katanya.

Namun poinnya, lanjut Hery, ialah hikmahnya menjadi catatan, agar kita terus mengampanyekan pasar dan kios tetap menjaga keamanan. "Ini juga menjadi dorongan untuk kita agar membangun pasar-pasar lebih berkeamanan baik dan infrastruktur bersih." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat