visitaaponce.com

14 Migran Venezuela Tewas dalam Kebakaran di Chile

14 Migran Venezuela Tewas dalam Kebakaran di Chile
Kebakaran di pemukiman di Selatan Chile menewaskan 14 migran Venezuela, termasuk anak-anak.(AFP)

SEBUAH kebakaran yang melanda pemukiman perumahan di selatan Chile, Senin, telah menewaskan 14 migran Venezuela, termasuk delapan anak-anak.

"Kami menyesal mengumumkan kematian 14 warga komunitas kami. Ada tiga keluarga, delapan anak-anak, enam orang dewasa yang meninggal akibat kebakaran yang menghancurkan rumah mereka," kata wakil walikota kota Coronel, Javier Valencia kepada wartawan.

"Ini adalah keluarga-keluarga Venezuela," katanya, sambil menambahkan bahwa penyebab kebakaran belum diketahui tetapi penyelidik sedang menyelidiki apakah unit pemanas berlebihan panas.

Baca juga: 5 Negara yang Berani Boikot Israel karena Bantai Warga Gaza

Tiga keluarga telah berkerumun di dua rumah yang hancur akibat kebakaran, kata wakil walikota.

Valencia menyesalkan peningkatan baru-baru ini dalam pembangunan perumahan di lahan ilegal, yang dikenal di Chile sebagai "kamp-kamp," di mana kebakaran hutan telah menjadi lebih umum.

Baca juga: Jadi Korban Bom Fosfor Israel, Libanon Mengadu ke PBB

Coronel, sedikit selatan dari Concepcion, kota terbesar kedua di Chile, adalah salah satu daerah yang paling terkena dampak oleh kebakaran semacam itu, karena suhu tinggi musim panas belahan bumi selatan.

Sejak tahun 2017, kedatangan migran Venezuela ke Chile telah meningkat secara eksponensial. Ribuan migran tersebut menyeberang perbatasan dengan berjalan kaki dari Bolivia atau Peru melalui perlintasan sembunyi-sembunyi.

Menurut perkiraan resmi, dari 1,7 juta pendatang asing yang tiba di Chile dalam beberapa tahun terakhir, hampir separuhnya adalah warga Venezuela yang melarikan diri dari krisis ekonomi di negara mereka. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat