visitaaponce.com

Venezuela Usir 10.000 Orang dari Tambang Emas Ilegal yang Ditutup

Venezuela Usir 10.000 Orang dari Tambang Emas Ilegal yang Ditutup 
Ilustrasi - Otoritas Venezuela telah secara paksa mengusir sekitar 10.000 individu dari tambang emas ilegal(AFP)

OTORITAS Venezuela mengatakan telah mengusir sekitar 10.000 orang dari sebuah tambang emas ilegal, yang menelan korban sedikitnya 16 jiwa saat runtuh pada Februari lalu. 

"Tambang Bulla Loca di negara bagian Bolivar di wilayah Amazon Venezuela sekarang telah ditutup dan dievakuasi," kata Jenderal Domingo Hernandez Larez dari komando operasional angkatan bersenjata. 

Evakuasi dimulai pada Februari setelah tambang terbuka itu runtuh. Para warga setempat mengatakan jumlah kematian jauh lebih tinggi daripada rekor resmi 16 jiwa. 

Baca juga : 20 Orang Tewas Akibat Runtuhnya Tambang "Bulla loca"

Sejak tahun lalu, sekitar 14.000 penambang ilegal juga telah diusir dari Taman Nasional Yapacana di negara bagian Amazonas tetangga, di mana wilayah luas telah dihancurkan oleh pertambangan. 

Aktivis mengecam "ekosida" di daerah tersebut dan eksploitasi anak-anak yang bekerja berjam-jam tanpa perlindungan. 

Para otoritas mengatakan penambang ilegal menebang dan membakar pohon, mencemari air, dan melakukan pengeboran bawah tanah yang merusak lingkungan dan merugikan komunitas adat. 

Pada bulan Juli tahun lalu, Presiden Nicolas Maduro memerintahkan penempatan angkatan bersenjata untuk melawan malapetaka yang, katanya, "menghancurkan Amazon Amerika Selatan... dan Venezuela." 

Aktivis hak asasi manusia telah mengecam penggunaan kekuatan berlebihan selama pengusiran tambang ilegal di mana warga asing dari Kolombia, Brasil, dan Ekuador juga beroperasi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat