visitaaponce.com

Usai Bongkar Borok Boeing, John Barnett Ditemukan Tewas

Usai Bongkar Borok Boeing, John Barnett Ditemukan Tewas
Mantan karyawan Boeing John Barnett, yang menyuarakan keprihatinan tentang masalah produksi pesawat di perusahaan itu, ditemukan tewas.(AFP)

MANTAN karyawan Boeing John Barnett, yang menyuarakan keprihatinan tentang masalah produksi pesawat di perusahaan itu, ditemukan tewas. Kematiannya diklaim pihak berwenang di Carolina Selatan, Amerika Serikat (AS) karena bunuh diri.

Barnett telah bekerja di Boeing selama 32 tahun sebelum meninggalkan perusahaan tersebut pada 2017. Sebelumnya dia melaporkan upayanya untuk mengangkat isu mengenai masalah produksi perusahaan tersebut.

"Pria berusia 62 tahun itu meninggal karena luka tembak yang dilakukan sendiri," kata pernyataan kantor koroner Charleston County di Carolina Selatan mengkonfirmasi kematiannya pada Selasa (12/3).

Baca juga : Boeing Mendorong Karyawan untuk Tindakan Segera dalam Perbaikan Keamanan dan Kualitas

Polisi Charleston City sedang melakukan penyelidikan, kata kantor koroner, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Boeing, dalam sebuah pernyataan, mengaku turut berduka atas meninggal Barnett.

"Duka kami juga tertuju pada keluarga dan teman-temannya," ungkap pernyataan Boeing.

Pengacara Barnett, Brian Knowles, tidak menanggapi permintaan komentar. Dia mengatakan kepada publikasi Corporate Crime Reporter bahwa Barnett sedang mengajukan tuntutan hukum whistleblower di Charleston terkait produksi pesawat 787 Dreamliner.

Barnett telah berbicara kepada media setelah insiden pada pesawat Boeing 737 MAX 9 pada 5 Januari, ketika sebuah pintunya jatuh saat penerbangan, sehingga penumpang terpapar udara luar dan memerlukan tindakan darurat.

Sejak saat itu, Boeing harus menghadapi krisis besar terkait standar keselamatan dan kualitasnya. Produksinya telah dibatasi oleh regulator AS, yang menyebabkan penundaan pengiriman di industri kedirgantaraan. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat