visitaaponce.com

Bassirou Diomaye Faye Sah Jadi Presiden Senegal

Bassirou Diomaye Faye Sah Jadi Presiden Senegal
Dewan Konstitusi Senegal mengesahkan kemenangan calon presiden Bassirou Diomaye Faye dengan lebih dari 54% suara dalam pemilihan presiden(AFP)

DEWAN Konstitusi Senegal mengkonfirmasi kemenangan calon presiden Bassirou Diomaye Faye pada Jumat (29/3). Legitimasi ini membuka jalan bagi pelantikannya sebagai presiden kelima negara itu.

Lembaga itu mengesahkan hasil sementara pemilihan presiden yang diumumkan pada Rabu (27/3), berdasarkan penghitungan suara dari 100% TPS. Kemudian juga tidak ada keberatan yang diajukan oleh pesaing lainnya.

Faye memperoleh lebih dari 54% suara dalam pemilihan presiden pekan lalu, dengan kandidat dari koalisi yang berkuasa, Amadou Ba hanya memperoleh 35%.

Dia diperkirakan akan dilantik untuk menggantikan Presiden Macky Sall yang akan keluar pada 2 April. Kemenangan Faye merupakan pertama kalinya seorang kandidat oposisi Senegal memenangkan pemilu putaran pertama sejak kemerdekaan pada 1960.

Sebelumnya, Uni Afrika (AU) telah menyampaikan selamat kepada Faye atas kemenangannya, dan memuji peroleh suaranya. (France24/ AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat