visitaaponce.com

Hamas Tuntut Janji Tertulis Israel

Hamas Tuntut Janji Tertulis Israel
Pengungsi Palestina melintasi jalan pesisir Rashid untuk kembali ke Kota Gaza saat mereka melewati Nuseirat di Jalur Gaza(AFP)

HAMAS meminta komitmen secara tertulis dari Israel mengenai penarikan pasukan dari Jalur Gaza. Negosiasi untuk mengakhiri invasi Israel yang telah menewaskan lebih dari 33.729 orang.

"Kami mengonfirmasi kesiapan kami untuk mencapai kesepakatan mengenai pertukaran tahanan yang serius antara kedua belah pihak," ucap seorang petinggi Hamas.

Hamas, kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, mengatakan pihaknya telah menyerahkan tanggapan atas proposal terbaru gencatan senjata enam minggu Gaza kepada mediator Mesir dan Qatar.

Baca juga : 6 Bulan Perang Israel-Hamas, Perdamaian di Jalur Gaza Kian Sulit Tercapai

Seorang pejabat Mesir yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Hamas menginginkan kesepakatan komprehensif dan bertahap yang mencakup penghentian perang, penarikan pasukan Israel dari Gaza, dan kesepakatan pembebasan semua sandera dengan imbalan sejumlah besar tahanan Palestina.

Pejabat Mesir mengatakan para mediator akan meninjau secara hati-hati tanggapan Hamas, sebelum nanti menyerukan putaran perundingan berikutnya.

Sementara itu, jumlah warga Palestina yang tewas dalam perang enam bulan Israel-Hamas di Gaza telah meningkat menjadi 33.729 orang dengan 76.371 lainnya terluka, kata Kementerian Kesehatan di wilayah terkepung tersebut.

Jumlah korban tewas mungkin jauh lebih tinggi lagi, dengan perkiraan 8.000 jenazah diyakini masih terkubur di gedung-gedung yang dibombardir Israel di Gaza.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 43 warga Palestina tewas dan 62 lainnya luka-luka akibat serangan Israel dalam 24 jam terakhir. (Aljazeera/Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat