visitaaponce.com

AS Klaim Jatuhkan Rudal Anti-Kapal Houthi dan 4 Drone

AS Klaim Jatuhkan Rudal Anti-Kapal Houthi dan 4 Drone
Komando Pusat AS mengatakan menembak jatuh empat drone dan sebuah rudal anti-kapal yang diluncurkan pemberontak Hoamuthi.(AFP)

PASUKAN koalisi pimpinan AS di lepas pantai Yaman menembak jatuh empat drone dan sebuah rudal anti-kapal yang diluncurkan pemberontak Houthi, Rabu, kata pihak berwenang Amerika. Di mana serangan kelompok yang didukung Iran terhadap pelayaran Laut Merah terus berlanjut.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan di X, sebelumnya Twitter, sebelum tengah hari waktu Sanaa (0900 GMT) sebuah kapal koalisi “berhasil menyerang satu rudal balistik anti-kapal (ASBM)” yang diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman.

Rudal tersebut kemungkinan menargetkan MV Yorktown, sebuah kapal pengiriman berbendera AS, kata CENTCOM, seraya menambahkan tidak ada korban luka atau kerusakan.

Baca juga : Houthi Yaman Tembakkan Drone dan Rudal ke Kapal AS

Kelompok Houthi, yang menguasai sebagian besar pantai Laut Merah Yaman, telah melancarkan puluhan serangan rudal dan drone yang menargetkan kapal-kapal sejak November, tindakan yang mereka katakan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

CENTCOM juga mengatakan pihaknya telah menyerang dan menghancurkan empat drone yang diluncurkan oleh Houthi tak lama setelah peluncuran rudal tersebut.

“Dipastikan bahwa ASBM dan UAV (drone) merupakan ancaman nyata bagi kapal dagang AS, koalisi, dan di wilayah tersebut,” kata CENTCOM.

Menyusul serangan mereka terhadap pelayaran, pasukan Amerika dan Inggris membalas dengan serangan terhadap kelompok Houthi, yang pada gilirannya menyatakan kepentingan Amerika dan Inggris sebagai target yang sah juga. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat