visitaaponce.com

Sinergi Pemda dan Ormas Dukung Pembangunan di Kabupaten Bandung

Sinergi Pemda dan Ormas Dukung Pembangunan di Kabupaten Bandung
Pakar pemerintahan dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi, berbicara pada acara Pembinaan Ormas 2004 di Kabupaten Bandung.(DOK/DISINFOKOM KABUPATEN BANDUNG)

PAKAR pemerintahan dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi menyatakan sudah saatnya ormas bersinergi bersama pemerintah dalam mendukung pembangunan demi tercapainya tujuan negara.

"Ormas memiliki peran strategis sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam mengawal pembangunan daerah,” ungkapnya, pada acara Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Tahun 2024 dengan tema "Melalui Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Kita Perkuat Peran Organisasi Masyarakat dalam Rangka Mewujudkan Kabupaten Bandung Bedas 2024", Rabu (15/5) di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung.

Dia menambahkan masyarakat merupakan pemangku kepentingan, sehingga ormas bisa mengutarakan aspirasi masyarakat langsung kepada pemerintah dalam rangka mengawal pembangunan daerah.

Baca juga : Lapan Perkirakan Awal Ramadan Bersama pada 13 April

Pada kesempatan itu, di depan 200-an peserta yang mewakili 100 ormas di wilayah Kabupaten Bandung, Bupati Bandung Dadang Supriatna menegaskan bahwa ormas memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Pasalnya, ormas merupakan salah satu wadah dalam menjalankan kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul sesuai dengan amanah undang-undang.

Ia menilai pembinaan ormas selain menjadi agenda rutin juga untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dengan ormas dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Bandung Bedas.

"Saya berharap ke depannya akan lahir ormas yang mandiri, peka terhadap masalah-masalah masyarakat, mampu mengaktualisasikan aspirasi masyarakat serta mendukung visi-misi Pemkab Bandung untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang semakin berkualitas dan sejahtera," lanjutnya.

Baca juga : Kemenag Terima Hibah 100 Ton Kurma dari Pemerintah Arab Saudi

Sementara itu, Bambang Sukmawijaya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai tugas pokok dan fungsi ormas di masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini saya harap dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada organisasi kemasyarakatan mengenai tugas pokok dan fungsi sebagai organisasi masyarakat serta dapat mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dengan organisasi kemasyarakatan," ujar Bambang.

Menurutnya, ormas adalah salah satu unsur penting dalam pembangunan nasional yang harus dibina agar dapat mendampingi dan mendukung pembangunan di Kabupaten Bandung.

"Melalui pembinaan ini, selain untuk memperkecil peluang terjadinya konflik di bidang sosial politik juga dapat memelihara stabilitas daerah yang sehat dan dinamis," tambahnya.

Kegiatan ini, imbuh Bambang, merupakan salah satu upaya meningkatkan peran aktif dan sinergitas antara ormas dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan stabilitas daerah yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat