visitaaponce.com

Kasus Pembunuhan Vina, Kuasa Hukum Ungkap Perbedaan Putusan Vonis Autopsi dan Visum

Kasus Pembunuhan Vina, Kuasa Hukum Ungkap Perbedaan Putusan Vonis Autopsi dan Visum
Ilustrasi - kasus pembunuhan Vina(Metro TV)

KUASA Hukum Terdakwa Saka Tatal dan Sudirman, Titin, mengungkapkan adanya perbedaan hasil putusan vonis yang dibacakan majelis Hakim dengan hasil autopsi dan visum dari dokter forensik. Perbedaan putusan Vonis tersebut menuai dugaan kuat adanya rekayasa kasus delapan tahun silam.

Dalam pembacaan amar putusan vonis di Pengadilan Negeri Kota Cirebon, mengatakan penyebab kematian kedua Korban yaitu Vina dan Muhamad Rizky Rudiana atau Eki, karena Luka Tusukan senjata tajam di dada dan perut.

Sedangkan visum dari dokter Forensik saat Jenazah Vina dan Eki ditemukan tidak adanya luka tusukan atau luka terbuka di bagian perut atau dada.

Baca juga : Mahasiswa UI yang Bunuh Junior Divonis Penjara Seumur Hidup

Pihak dokter Forensik rumah sakit hanya menemukan luka lecet dibagian kaku, tangan dan bagian kepala .

"Kalau dalam tuntutan, jelas itu kematian Rizky akibat tusukan samurai di dada kiri dan samurai pendek di perut. Tapi dari hasil autopsi dan pertama kali pemeriksaan dokter waktu mayat dibawa ke rumah sakit, tidak ada luka tusukan," ujar Titin.

Selain itu, kata Titin, kaos korban tidak ditemukan adanya bekas tusukan ataupun bekas darah. 

Tidak hanya itu, Titin mengatakan visum menunjukan perbedaan yang mencolok. Hasil optosi yang dilakukan usai kedua jenazah dimakamkan menunjukan kematian kedua korban disebabkan luka dibagian kepala. Yakni luka patah tengkorak belakang dan luka patah tengkorak di bagian depan .

Hasil perbedaan yang sudah disampaikan Tim kuasa hukum dalam persidangan tersebut, tidak dijadikan bahan pertimbangan hakim untuk membebaskan ke delapan terdakwa , yang diyakini Tim kuasa hukum dan keluarganya merupakan korban salah tangkap dan rekayasa pihak kepolisian. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat