visitaaponce.com

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Siapkan Anggaran Antisipasi Dampak Kekeringan

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Siapkan Anggaran Antisipasi Dampak Kekeringan
BPBD Tasikmalaya menyiapkan truk tangki untuk mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah terdampak kekeringan.(MI/KRISTIADI)

PEMERINTAH Kabupaten Tasikmalaya telah menyiapkan anggaran yang bersumber dari biaya tak terduga untuk mengantisipasi kekeringan.

Sebagai langkah antisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah diminta secepatnya turun tangan dan memberikan informasi terkait data kekeringan agar pengiriman air bersih ke daerah terdampak kekeringan bisa dilakukan.

"Kami meminta agar BPBD harus secepatnya turun tangan melakukan pendataan terutama masyarakat yang mengalami kekeringan agar bantuan air bisa secepatnya diberikan. Sudah ada beberapa kecamatan mengalami kesulitan air bersih dan petugas harus secepatnya turun tangan," kata Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, Minggu (9/6).

Baca juga : Ratusan Hektare Lahan Cabai di Tasikmalaya Kekeringan

Sementara di persawahan, lanjut dia, kekeringan yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya biasanya akibat saluran irigasi dan tanggul yang rusak. Kondisi yang sama juga terjadi di sejumlah embung.

Dia berharap kekeringan di areal persawahan dan permukiman bisa segera diatasi. Untuk itu, aparatur pemerintah desa dan kecamatan harus bertindak cepat dan tanggap.

"Saya meminta agar semua camat dan kepala desa jangan sekali-kali mematikan telepon seluler. Usahakan terus berkomunikasi selama 24 jam terutama mengantisipasi musim kemarau," tambah Ade,

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mengatakan, menghadapi musim kemarau, pihaknya secepatnya melakukan pendatan masyarakat yang terdampak kekeringan. BPBD sudah mendapatkan informasi kebutuhan air bersih di Kecamatan Cineam dan sudah dilakukan.

"Kami akan berupaya menyalurkan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan air di Kabupaten Tasikmalaya menggunakan 6 unit truk tanpa ada pungutan apapun. Air bersih diperoleh langsung dari PDAM," paparnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat