visitaaponce.com

Perlindungan Kulit saat Berolahraga Perbedaan antara Sunscreen dan Sunblock

Perlindungan Kulit saat Berolahraga: Perbedaan antara Sunscreen dan Sunblock
Warga beraktifitas di luar(AFP/PAU BARRENA)

HAI Jel’s, saat melakukan berolah raga di luar ruangan, tentunya kita akan terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari di satu sisi bisa positif di mana memberikan asupan vitamin D bagi tubuh. Di sisi lain, bisa menimbulkan masalah pada wajah. 

Sejumlah masalah yang kerap muncul akibat paparan sinar matahari ke wajah ialah, penuaan dini. Hal ini biasanya karena sinar ultraviolet (UV).

Sinar UV sebenarnya ada tiga. Namun yang sampai ke Bumi hanya UVA dan UVB.

Baca juga : Edukasi Pentingnya Pelindungan Kulit, MS Glow Gelar Roadshow to School

Jika kulit Jel’s yang tanpa perlindungan terlalu sering terpapar langsung kedua sinar UV ini saat intensitasnya sedang tinggi (antara pukul 10.00-15.00) dalam jangka waktu lama, bisa mengakibatkan kanker kulit. Seram ya Jel’s. 

Sebelum yuks Jel's pahami dulu apa itu perbedaan dadri UVA dan UVB. 

Sinar UVA

Baca juga : Laki-Laki Disarankan Pakai Tabir Surya Berbentuk Gel

Sering disebut dengan aging rays. Sinar ini dapat masuk ke lapisan dermis, lalu merusak kolagen dan jaringan kulit. Kulit yang rusak akan muncul tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, keriput, dan noda hitam. 

UVB

Sinar satu ini dikenal dengan burning rays. Sinar UV ini merusak permukaan kulit dengan membuat kulit kusam, kemerahan, kulit belang, dan terbakar. Intesitas sinar satu ini lebih tinggi dan efek kerusakannya langsung terasa dibanding sinar UVA. 

Baca juga : Apakah Perlu Tabir Surya Saat Hujan?

Perlindungan

Guna mencegah dampak negatif dari UV saat berolahraga ada satu langkah sederhana yang bisa Jel's lakukan. Langkah sederhana yang bisa Jel’s lakukan adalah dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Nah, apakah Jel’s sudah mengetahui perbedaan dua produk tersebut Jel’s?

Sunscreen

Baca juga : Selain Lindungi Kulit dari UV, Tinted Sunsceen Hasilkan Makeup Wajah Menawan

Sering disebut dengan chemical sunscreen. Produk ini melindungi kulit wajah dari sinar UV dengan cara masuk ke dalam jaringan kulit, lalu menyerap sinar UV sebelum sempat membuat kerusakan di kulit. Sinar UV ini kemudian diubah menjadi energi panas lalu dikeluarkan dari kulit. 

Sunblock

Sunblock sering disebut physical sunscreen. Sesuai namanya, sunblock bekerja membuat lapisan pelindung di permukaan kulit yang memantulkan sinar UV.  Sunblock tak butuh waktu untuk menyerap ke dalam lapisan kulit, jadi langsung bekerja begitu diaplikasikan ke kulit.

Baca juga : Pentingnya Gunakan Tabir Surya Cegah Dampak Buruk Sinar Ultra Violet

Tidak hanya cara kerja kedua produk ini berbeda. Tekstur kedua produk ini juga berbeda loh. 

Sunscreen memiliki teksturnya cair dan dapat membaur dengan baik di kulit. Biasanya produk ini menjadi pilihan bagi mereka yang berolahraga karena tidak menimbulkan residu putih pada kulit. 

Sebaliknya sunblock memiliki tekstur lebih pekat, lengket, dan meninggalkan residu putih di permukaan kulit wajah.

Setelah mengetahui perbedaannya, penggunaan kedua produk ini kembali kepada keputusan Jel's. Namun yang pasti jangan lupa gunakan lapisan tabir surya ya sebelum berolahraga di luar. Selamat mencoba. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Berlin Dewan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat