visitaaponce.com

Cara Tapat Memilih Sunscreen Berdasarkan 4 Jenis Kulit

Cara Tapat Memilih Sunscreen Berdasarkan 4 Jenis Kulit
Tips memilih sunscreen yang cocok sesuai jenis kulit(Ilustrasi)

PAPARAN sinar ultraviolet (sinar UV) dapat memberikan dampak yang negatif terhadap kulit. Sinar UVA pada kulit dapat membuat timbulnya penuaan dini, sementara paparan sinar UVB pada kulit dapat membuat kulit menjadi terbakar. Hal ini diketahui bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Untuk menghindari paparan sinar UV, sunscreen sangat diperlukan sebagai upaya perlindungan terhadap kulit. 

Apa itu Sunscreen? Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karenanya, kulit dapat terlindungi dan tidak mudah terbakar saat terkena sinar UV, serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca juga : Inilah Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Suncreen

Bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat dan cocok dengan kulit?

Dr. Kardiana Dewi, SpDVE, FINSDV dalam acara evolution of Annesa di Jakarta, (29/3), memberikan tips cara memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Berikut cara memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit :

1. Kulit Bayi

Penggunaan sunscreen untuk anak bayi bisa dilakukkan ketika usia anak sudah diatas 6 bulan. Pemilihan sunscreen yang tepat dan cocok untuk anak kecil seperti bayi yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahan yang terdapat dalam kandungannya tidak memiliki zat berbahaya seperti Octocrylene, Oxybenzone, dan lainnya. Selain itu, pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan nyaman untuk digunakan pada kulit bayi.  

Baca juga : Selain Lindungi Kulit dari UV, Tinted Sunsceen Hasilkan Makeup Wajah Menawan

2. Kulit Kering

Untuk yang memiliki masalah kulit kering, bisa menggunakan sunscreen yang teksturnya berupa seperti krim atau gel. Pastikan sunscreen yang dipakai dapat melembapkan kulit dan terdapat kandungan bahan seperti, gliserin, asam hialuronat, ceramide, serta madu.

3. Kulit Berminyak

Baca juga : Pentingnya Gunakan Tabir Surya Cegah Dampak Buruk Sinar Ultra Violet

Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak, kalian bisa banget memilih sunscreen yang teksturnyaa ringan seperti serum atau lotion. Selain itu, pilihlah sunscreen yang berlabel bebas oil dan non comedogenic disertai dengan SPF maksimal 50. 

4.  Kulit Sensitif

Kulit sensitif tidak bisa sembarangan menggunakan produk susncreen. Apabila sembarangan memilih produk sunscreen, maka kulit bisa menjadi berjerawat, kusam, dan dapat menutup pori-pori. Dengan begitu, kamu bisa memilih sunscreen yang tidak memiliki kandungan seperti pewangi, pengawet alkohol, dan kamu juga bisa memilih sunscreen yang bahannya tidak bersifat iritasi. Jenis sunscreen yang disarankan untuk kulit sensitif adalah yang berupa mineral sunscreen atau physical sunscreen. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat