visitaaponce.com

Selain Sunscreen, Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV Juga Bisa Lewat Pakaian

Selain Sunscreen, Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV Juga Bisa Lewat Pakaian
Peluncuran koleksi Uniqlo UV Protection 2024, di Plaza Senayan, Kamis (2/5/2024)(Dok. Uniqlo)

BERAKTIFITAS seharian di luar ruang saat ini butuh perlindungan ekstra agar kesehatan kulit kita tetap terjaga. Perlindungan sunscreen tidak bisa memproteksi seluruh badan dari ujung kepala hingga ujung kaki. 

Terutama, menurut informasi dari BMKG, tingkat sinar UV telah naik sejak pukul 10 pagi. Beberapa bagian kulit tidak dapat sepenuhnya dilindungi oleh tabir surya saja. Oleh karena itu, jika kamu berada di luar ruangan, disarankan untuk mengenakan pakaian yang memiliki perlindungan anti sinar UV.

Di sini, pakaian dengan UPF (Ultraviolet Protection Factor) menjadi pilihan yang solid. Pakaian yang telah dilengkapi UPF memberikan perlindungan langsung yang praktis dan tidak merepotkan, cukup dengan mengenakannya saja.

Baca juga : Cara Tapat Memilih Sunscreen Berdasarkan 4 Jenis Kulit

Menurut ahli kesehatan Dr. Nadia Alaydrus, sinar UVA membawa 95% dari sinar UV dan dapat menembus hingga ke lapisan dalam kulit dermis, sementara UVB mencapai lapisan epidermis.

“Makanya kenapa sinar UVA kalau misalnya terlalu sering terpapar dalam waktu yang lama tanpa adanya perlindungan, itu dia akan bisa merusak kulit kita. Dia bahkan bisa menyebabkan kerutan," kata Nadia dalam Media Event Uniqlo UV Protection 2024, Temani Aktivitas Day-to-Day di Bawah Sinar Matahari Dengan Rasa Santai dan Nyaman! di Jakarta belum lama ini.

Paparan sinar UV juga menyebabkan sunburn hingga kanker kulit. Maka dari tu, selain sunscreen, perlu juga menggunakan pakaian yang bisa melindungi kita dari paparan sinar matahari.

Baca juga : Pentingnya Gunakan Tabir Surya Cegah Dampak Buruk Sinar Ultra Violet

Pakaian dengan UPF disarankan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kalau di Indonesia sendiri 15-50 (UPF) sudah direkomendasikan. 

“Jadi dia (UPF) akan menggambarkan berapa lama sih pakaian melindungi kita dari paparan sinar matahari”. Jadi jika pakaian punya nilai UPF 50, maka pakaian tersebut dapat melindungi kulit 50x lebih lama daripada kondisi kulit terbuka.

Rating UPF adalah indeks yang menyatakan tingkat perlindungan pakaian terhadap sinar UV dan menggambarkan berapa lama kulit akan terlindungi dari matahari saat mengenakan pakaian UV Protection. Contohnya, UPF50+ menunjukkan kulit akan terlindungi 50 kali lebih lama daripada kondisi kulit terbuka.

Baca juga : Pilihlah Sunscreen Tepat untuk Proteksi Optimal dari Bahaya Sinar UV

Jenama asal Jepang Uniqlo memperkenalkan koleksi baru varian UV Protection beserta instalasinya di Mall Senayan City, Jakarta. Koleksi untuk pria, wanita dan anak-anak terentang dari jaket, blazer, kaus, celana, hingga aksesori berupa topi, sunglasses, dan payung. Semuanya dengan teknologi UPF 25 hingga 50.

Uniqlo jadi pionir pakaian UV Protection dengan teknologi UPF double protection sehingga bisa menghalau 90% sinar UV.

Cara Kerja Teknologi Anti UV Pakaian

Marketing Manager Uniqlo Indonesia Lisqia Lalantika menjelaskan bahwa Uniqlo mempunyai teknologi Double Sun Protections. 

Baca juga : Inilah Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Suncreen

“Jadi tidak hanya memantulkan, tapi bisa menyerap juga,” terangnya. 

Teknologi anti UV dalam koleksi ini disematkan dalam lapisan kain paling dalam. Itulah sebabnya Uniqlo UV Protection dapat menangkal 90% sinar UV. 

“Properti proteksi sinar UV dimasukkan ke dalam serat-serat kain, ada pula yang dikombinasikan dengan teknologi lain dari Uniqlo, seperti Airism. Oleh karena itu pula, pakaian UV Protection ini bisa bertahan, bahkan setelah pencucian berulang kali,” jelas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat