visitaaponce.com

Sebagian Besar Daerah di Jawa Tengah Memasuki Kemarau, Masyarakat Diminta Waspada

Sebagian Besar Daerah di Jawa Tengah Memasuki Kemarau, Masyarakat Diminta Waspada
Ilustrasi - Sebagian besar daerah di Jawa Tengah telah memasuki musim kemarau(Antara)

SEBAGIAN besar daerah di Jawa Tengah sudah memasuki kemarau dengan kriteria sangat panjang tanpa hujan selama 31-60 hari dan kriteria pankang 21-30 hari tanpa hujan. Masyarakat diminta waspada potensi kebakaran dan menghemat air. 

Pemantauan Media Indonesia, Senin (24/6), intensitas hujan di berbagai daerah di Jawa Tengah sudah berkurang. Dalam beberapa hari hujan turun ringan tidak merata dan bersifat lokal hanya terjadi di sejumlah daerah di pegunungan dan dataran tinggi, dengan durasi singkat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang menyebutkan di sebagian besar daerah di Jawa Tengah telah memasuki musim kemarau, karena telah mengalami panjangnya hari tanpa hujan (HTH) yakni durasi 31-60 hari (sangat panjang) dan 21-30 hari (panjang).

Baca juga : Kemarau di Jateng Diperkirakan Masih Hingga Akhir Oktober

"Daerah di Jawa Tengah telah mengalami HTH 31-60 hari di Jawa Tengah yakni Wonogiri, sehingga ancaman kekeringan semakin terlihat," kata  Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Semarang, lis Widya Harmoko.

Sedangkan daerah di Jawa Tengah dengan HTH kriteria panjang 21-30, lanjut Iis, meliputi Wonogiri, Purworejo, sebagian kecil Kabupaten Kebumen dan Klaten, serta HTH  11-20 hari (moderate) yakni Purworejo, Blora, Kendal, Tegal, sebagian kecil wilayah Kabupaten Wonogiri, Boyolali, Rembang, Pati, Grobogan, dan Demak.

Dampak panjangnya hari tanpa hujan tersebut, ungkap Iis, adalah terjadi kekeringan dan ancaman bencana kebakaran baik itu lingkungan, hutan dan lahan. 

Baca juga : Waspada, Kemarau di Jateng Tahun Ini Lebih Panjang

"Diminta warga berada di daerah tersebut untuk menghemat air dan mewaspadai bencana yang mungkin muncul," imbuhnya.

Pada kondisi ini, jelas Iis, biasanya pemerintah daerah maupun provinsi akan melakukan pendistribusian bantuan air bersih, meskipun untuk pertanian di daerah dengan irigasi teknis belum begitu berpengaruh, berbeda dengan daerah dengan lahan tadah hujan mulai merasakan dampak kemarau ini.

"Secara umum musim kemarau saat ini masih dalam kondisi normal, tidak ada pengaruh El Nino, tetapi tetap harus diwaspadai potensi kekeringan," ujarnya.

Ia mengatakan kondisi tersebut  berdasarkan hasil monitoring hari tanpa hujan dan analisia curah hujan yang didapat dari BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah, dasarian ke-2 bulan Juni 2024, prakiraan probabilistik dasarian ke-3 bulan Juni 2024 dan prakiraan deterministik dasarian ke-3 bulan Juni 2024 sampai dengan dasarian ke-3 bulan Juli 2024. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat