visitaaponce.com

Ayo Pantau Cuaca 22 Juni 2024

Ayo Pantau Cuaca 22 Juni 2024
Pekerja menggunakan payung menghiindari guyuran hujan(MI/Ramdani)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia merilis laporan cuaca 22 Juli 2024, yang mengindikasikan kondisi cuaca dan peringatan potensial di berbagai wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, sejumlah daerah di Indonesia mengalami perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang, seperti di Aceh, Pesisir Timur Jambi, hingga Laut China Selatan, serta daerah konfluensi di sejumlah lokasi termasuk Laut China Selatan. Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

Angin permukaan dominan bertiup dari arah Timur dan Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 40 km/jam. Di beberapa lokasi, tercatat peningkatan kecepatan angin yang dapat mempengaruhi tinggi gelombang laut, terutama di sekitar Laut China Selatan dan perairan Selatan Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Kamis 20 Juni 2024, BMKG Imbau Waspada Potensi Hujan Lebat dan Petir

Suhu udara umumnya berada dalam rentang 20 hingga 35 derajat Celsius dengan kelembaban mencapai 40 hingga 100 persen, memberikan kondisi yang cukup lembab di sebagian besar wilayah.

BMKG juga memperingatkan mengenai potensi kebakaran yang tinggi di sejumlah wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar, termasuk Aceh, Belitung, Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Selatan. Masyarakat diminta untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan.

Tinggi gelombang laut diperkirakan berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter secara umum, namun waspada terhadap gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter di sekitar Samudra Hindia Barat Lampung hingga selatan Pulau Jawa. Selain itu, terdapat potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Ambon.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Rabu (19/6) di Wilayah Indonesia: Potensi Hujan dan Gelombang Laut

Prakiraan Cuaca Kota Besar di Indonesia pada 22 Juli 2024:

  • Pulau Sumatera

Banda Aceh, Medan, dan Padang diprakirakan berawan, Pekanbaru berpotensi kabut, sedangkan hujan ringan dapat terjadi di Tanjung Pinang.

  • Pulau Jawa

Jakarta, Serang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diprakirakan cerah berawan, sementara Semarang berawan.

  • Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Denpasar diprakirakan cerah berawan, sementara Mataram dan Kupang berawan.

Baca juga : Cuaca Cerah Warnai Peringatan Idul Adha di Jawa Tengah

  • Pulau Kalimantan

Pontianak dan Palangka Raya berawan, Banjarmasin berpotensi hujan ringan, dan waspadai hujan petir di Tanjung Selor dan Samarinda.

  • Pulau Sulawesi

Gorontalo, Manado, dan Makassar berpotensi hujan ringan, sementara Mamuju, Palu, dan Kendari berpotensi hujan sedang.

  • Wilayah Timur Indonesia

Secara umum, Ternate, Manokwari, Jayapura, dan Ambon berpotensi hujan ringan.

Informasi ini bersifat umum dan dapat diperbarui setiap 3 jam melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh melalui App Store. Masyarakat diimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca terkini dan mengikuti peringatan BMKG untuk menjaga keselamatan dan kesiapan menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat