visitaaponce.com

Marcos Jr Janji Hadapi Tiongkok

Marcos Jr Janji  Hadapi Tiongkok
Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Junior menyatakan tekad negaranya mempertahankan wilayah dari klaim asing.(PCO)

PRESIDEN Filipina Ferdinand Marcos Junior mengatakan negaranya dengan sekuat tenaga akan mempertahankan wilayah dari klaim asing. Pernyataannya ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan Filipina dengan Tiongkok terkait sengketa maritim di Laut China Selatan (LCS).

Dia mengatakan tindakan terhadap penyusup yang tidak menghormati integritas wilayah Filipina akan ditangani hukum berlaku untuk diminta pertanggungjawaban. Manila merupakan anggota komunitas internasional yang taat aturan.

“Melawan penyusup yang tidak menghormati integritas wilayah kami, kami akan mempertahankan wilayah kami dengan sekuat tenaga,” kata Marcos dalam pidatonya di hadapan lulusan kadet militer.

Baca juga : Bahas Laut Cina Selatan, Presiden Filipina Bongbong Kunjungi Negeri Kangguru

Dia tidak menjelaskan yang dimaksudnya para penyusup. Namun ketegangan Manila dengan Beijing di LCS semakin memuncak, termasuk penggunaan meriam air oleh Tiongkok yang mengakibatkan cedera dan kerusakan properti, laser tingkat militer yang diarahkan ke kapal-kapal Filipina.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah LCS, yang merupakan jalur perdagangan kapal tahunan senilai US$3 triliun, termasuk sebagian yang diklaim oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam.

Keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen pada 2016 menyatakan bahwa klaim besar-besaran Tiongkok tidak memiliki dasar hukum. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat