visitaaponce.com

Jokowi Bertemu Marcos Jr, Indonesia-Filipina Jalin 3 Kesepakatan

Jokowi Bertemu Marcos Jr, Indonesia-Filipina Jalin 3 Kesepakatan
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Filipi a Ferdinand Marcos Jr(Youtube RTVM)

Presiden Joko Widodo bersama delegasi bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Malacañan Palace, Filipina, Rabu (10/1). Dalam kunjungan itu,Jokowi mengatakan ada tiga kesepakatan yang dijalin yakni memperkuat kerja sama perbatasan, meningkatkan perdagangan kedua negara, dan penguatan kesatuan serta sentralitas ASEAN.

"Kami sepakat memperkuat kerja sama perbatasan yang telah saya sampaikan. Pentingnya mendorong percepatan revisi Border Patrol Agreement, Border Crossing Agreement, dan penyelesaian batas landas kontinen serta penguatan kerja sama pertahanan termasuk alutsista," ujar Jokowi.

Seperti pernah disampaikan Presiden Jokowi, Filipina merupakan salah satu negara yang membeli alutsista dari Indonesia.

Baca juga: Bantah Jokowi, Mahfud: Tidak Ada Serangan Personal saat Debat Capres

Kedua, dalam bidang ekonomi, kedua kepala negara sepakat meningkatkan perdagangan serta terus membuka akses pasar. Indonesia meminta dukungan Filipina terkait dengan Special Safeguard Measure yakni pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (BMTP/safeguard) terhadap ekspor kopi instan asal Tanah Air.

"Saya juga mengapresiasi kepercayaan Filipina terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dalam membangun infrastruktur penting di Filipina dan untuk ground breaking north-south commuter railway project penting untuk dipercepat," sambung mantan wali kota Surakarta itu.

Baca juga: Jokowi Disarankan Datang Langsung saat Debat Pilpres

Ketiga, terkait kawasan, Jokowi menekankan bahwa kedua negara sepakat akan pentingnya penguatan kesatuan dan sentralitas ASEAN. Menurutnya itu bukan hanya sekadar jargon.

"ASEAN yang harus terus berpegang pada prinsip-prinsip hukum internasional dan menjaga positive force (kekuatan positif) untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran," tandas Jokowi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat