visitaaponce.com

Presiden Rusia Vladimir Putin Kunjungi Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin Kunjungi Korea Utara 
Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Korea Utara untuk kunjungan langka yang menandakan penguatan hubungan antara kedua negara(Kremlin.ru)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin telah mendarat di Korea Utara untuk kunjungan langka yang menandakan semakin mendalamnya hubungan antara kedua negara. Di samping kebutuhan Moskow untuk mendapatkan senjata dari Pyongyang guna mempertahankan perangnya di Ukraina.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un secara pribadi menyambut Putin di tangga pesawat saat tiba di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, Rabu (19/6) dini hari, menurut media negara Rusia TASS.

Media negara RIA melaporkan kedua pemimpin berhenti dan berbicara dengan penuh semangat satu sama lain selama beberapa menit, sebelum mencapai iring-iringan mobil mereka.

Baca juga : Kim Hadiahi Senjata, Putin Beri Sarung Tangan Antariksa

Jalan-jalan di Pyongyang dihiasi bendera Rusia dan poster-poster Putin menjelang kunjungannya yang pertama ke negara itu sejak 2000. Kunjungan minggu ini adalah perjalanan luar negeri langka bagi Putin sejak ia meluncurkan invasi ke Ukraina tahun 2022, dan momen penting bagi Kim, yang belum menjadi tuan rumah bagi pemimpin dunia lain di negara yang terisolasi secara politik sejak pandemi Covid-19.

Kunjungan Putin akan diawasi dengan ketat di seluruh dunia dan diperkirakan akan semakin memperkokoh kemitraan yang berkembang antara kedua kekuatan tersebut, yang didasarkan pada permusuhan bersama terhadap Barat dan didorong oleh kebutuhan Moskow akan amunisi untuk perangnya di Ukraina.

Setelah kunjungannya ke Korea Utara, Putin dijadwalkan untuk bepergian ke Hanoi dalam rangka menunjukkan hubungan Vietnam yang dipimpin Komunis dengan Rusia yang kemungkinan akan membuat Amerika Serikat tidak senang.

Baca juga : Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut

Perjalanan Putin ke Korea Utara akan memiliki agenda yang "sangat penuh," kata pembantunya Yuri Ushakov dalam konferensi pers, Senin. Kedua pemimpin berencana untuk menandatangani kemitraan strategis baru, kata Ushakov.

Ushakov menegaskan perjanjian tersebut tidak provokatif atau ditujukan terhadap negara lain, tetapi dimaksudkan untuk memastikan stabilitas yang lebih besar di Asia timur laut. Dia mengatakan perjanjian baru ini akan menggantikan dokumen yang ditandatangani antara Moskow dan Pyongyang tahun 1961, 2000, dan 2001.

Citra satelit dari Planet Labs dan Maxar Technologies menunjukkan persiapan untuk parade besar di alun-alun pusat Pyongyang. Salah satu gambar menunjukkan tribun besar sedang dibangun di sisi timur Lapangan Kim Il Sung, tempat semua parade besar di Korea Utara diadakan. Dalam gambar sebelumnya yang diambil pada 5 Juni, warga Korea Utara terlihat berlatih formasi baris-berbaris.

Baca juga : Kim Jong-un Berkunjung ke Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tak Jual Senjata

Juru bicara keamanan nasional AS John Kirby mengatakan kepada wartawan,  pemerintahan Biden tidak "khawatir tentang perjalanan itu" sendiri, tetapi menambahkan, "Apa yang kami khawatirkan adalah semakin dalamnya hubungan antara kedua negara ini."

AS, Korea Selatan, dan negara-negara lain telah menuduh Korea Utara memberikan bantuan militer yang substansial untuk upaya perang Rusia dalam beberapa bulan terakhir, sementara pengamat telah menyatakan keprihatinan bahwa Moskow mungkin melanggar sanksi internasional untuk membantu Pyongyang mengembangkan program satelit militernya yang baru lahir. Kedua negara telah membantah ekspor senjata Korea Utara.

Perjalanan Putin membalas kunjungan Kim September lalu, ketika pemimpin Korea Utara tersebut melakukan perjalanan dengan kereta lapis baja ke wilayah timur jauh Rusia, untuk kunjungan yang mencakup pemberhentian di pabrik yang memproduksi pesawat tempur dan fasilitas peluncuran roket.

Baca juga : Washington : Kim akan Mengadakan Pembicaraan dengan Putin

Ini juga terjadi saat ketegangan tetap tinggi di semenanjung Korea di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional tentang niat pemimpin Korea Utara tersebut saat ia meningkatkan bahasa beligerent dan menghapus kebijakan lama yang mencari reunifikasi damai dengan Korea Selatan.

Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan pada hari Selasa setelah tentara Korea Utara yang bekerja di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea sebentar melintasi ke Selatan, menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, insiden kedua dalam dua minggu terakhir.

Kemitraan

Kim minggu lalu memuji masa depan "hubungan yang bermakna dan persahabatan dekat" antara negara-negara tersebut dalam sebuah pesan kepada Putin memperingati hari nasional Rusia pada 12 Juni.

"Rakyat kami memberikan dukungan penuh dan solidaritas kepada pekerjaan sukses tentara dan rakyat Rusia," kata Kim, menurut surat kabar resmi Rodong Sinmun.

Dalam sebuah artikel untuk surat kabar yang sama yang diterbitkan pada Selasa dini hari waktu setempat, Putin berterima kasih kepada Pyongyang atas menunjukkan "dukungan yang tak tergoyahkan" untuk perang Rusia di Ukraina dan mengatakan kedua negara "siap menghadapi ambisi Barat kolektif."

Dia mengatakan keduanya "secara aktif memajukan kemitraan multifaset mereka" dan akan "mengembangkan mekanisme perdagangan alternatif dan penyelesaian timbal balik yang tidak dikendalikan oleh Barat, bersama-sama menentang pembatasan sepihak yang tidak sah, dan membentuk arsitektur keamanan yang setara dan tidak dapat dipisahkan di Eurasia."

Pertemuan tersebut berlangsung hanya beberapa hari setelah pertemuan puncak Kelompok Tujuh (G7) negara maju di Italia yang dihadiri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di mana para pemimpin Barat menegaskan kembali dukungan mereka yang abadi untuk Ukraina dan setuju untuk menggunakan keuntungan dari aset Rusia yang dibekukan untuk mendukung pinjaman US$50 miliar ke negara yang dilanda perang tersebut.

Ini juga mengikuti pertemuan puncak perdamaian internasional yang didukung Kyiv selama akhir pekan yang dihadiri oleh lebih dari 100 negara dan organisasi, yang dimaksudkan untuk menggalang dukungan untuk visi perdamaian Zelensky, yang menyerukan penarikan penuh pasukan Rusia dari wilayah Ukraina.

Putin menolak upaya tersebut sehari sebelum pertemuan dengan menawarkan syarat perdamaian sendiri, termasuk penarikan pasukan Ukraina dari empat wilayah yang sebagian diduduki dan bahwa Kyiv menarik upayanya untuk bergabung dengan NATO – posisi yang dianggap tidak mungkin oleh Ukraina dan sekutunya.

Kunjungan Putin ke Korea Utara secara luas dilihat sebagai kesempatan bagi dia untuk mencari dukungan lebih dari Kim untuk perangnya – tujuan yang mungkin semakin mendesak karena bantuan militer Amerika yang telah lama tertunda untuk Ukraina mulai berjalan.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kepada anggota parlemen Amerika bahwa penyediaan amunisi dan rudal Korea Utara, serta drone Iran, telah memungkinkan pasukan Rusia "untuk bangkit kembali."

Antara Agustus dan Februari, Pyongyang mengirim sekitar 6.700 kontainer ke Rusia, yang dapat menampung lebih dari 3 juta putaran peluru artileri 152 mm atau lebih dari 500.000 putaran peluncur roket ganda 122 mm, kata kementerian pertahanan Korea Selatan awal tahun ini.

Baik Moskow maupun Pyongyang telah membantah transfer senjata semacam itu, dengan seorang pejabat senior Korea Utara bulan lalu menyebut tuduhan tersebut sebagai "paradoks yang absurd."

Ketika ditanya tentang kekhawatiran bahwa Rusia sedang mempertimbangkan transfer teknologi sensitif ke Pyongyang sebagai imbalan atas barang-barang tersebut, seorang juru bicara Kremlin pekan lalu mengatakan potensi negara-negara tersebut untuk mengembangkan hubungan bilateral adalah "mendalam" dan "tidak boleh menimbulkan kekhawatiran bagi siapa pun dan tidak boleh dan tidak dapat ditantang oleh siapa pun." (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat