visitaaponce.com

Tiongkok tak Peduli Kerja Sama Rusia dan Korea Utara

Tiongkok tak Peduli Kerja Sama Rusia dan Korea Utara
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.(KCNA)

JURU Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian mengatakan penandatangan perjanjian antara Rusia dan Korea Utara adalah urusan dua negara berdaulat sehingga Tiongok tidak perlu mencampurinya.

"Kerja sama antara Rusia dan DPRK adalah urusan antara dua negara berdaulat, terkait dengan kerja sama bilateral keduanya. Saya tidak punya komentar mengenai hal itu," kata Lin Jian dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (20/6). 

Pada Rabu (19/6) dalam kunjungannya ke Pyongyang setelah 24 tahun, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menandatangani dokumen Perjanjian Kemitraan Strategis Komprehensif.

Baca juga : Reaksi Tiongkok Terhadap Kunjungan Vladimir Putin ke Korea Utara

Perjanjian baru tersebut akan menjadi dasar kerja sama bilateral di masa depan sekaligus mencerminkan perubahan signifikan dalam lanskap geopolitik dan hubungan bilateral antara Rusia dan Korut.

Lin Jian pun tidak melihat bahwa perjanjian tersebut akan memanaskan kondisi Semenanjung Korea.

"Posisi Tongkok mengenai masalah Semenanjung Korea konsisten dan jelas. Kami menjunjung perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan memajukan penyelesaian politik masalah Semenanjung Korea merupakan kepentingan bersama semua pihak," tambah Lin Jian.

Baca juga : Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut

Tiongkok, menurut Lin Jian, siap bekerja sama dengan pihak lain untuk memainkan peran konstruktif melalui jalur politik untuk mencapai tujuan tersebut

"Secara prinsip, Tiongkok percaya bahwa dalam isu-isu yang berkaitan dengan Semenanjung Korea, menjatuhkan sanksi dan tekanan secara membabi buta tidak akan menyelesaikan masalah. Penyelesaian politik adalah satu-satunya jalan keluar yang bisa dilakukan," ungkap Lin Jian.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Vladimir Putin pun kembali menghadiahkan kendaraan mewah limusin Rusia kepada Kim Jong Un. Putin membeli Kim mobil Aurus baru dan satu set alat minum teh.

Baca juga : Kim Jong-un Berkunjung ke Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tak Jual Senjata

Kedua barang tersebut termasuk di antara banyak hadiah yang dipertukarkan antara kedua pemimpin tersebut.

Limusin itu merupakan mobil Aurus kedua yang dihadiahkan Putin kepada Kim. Korea Utara mengungkapkan pada Februari tahun ini bahwa Putin telah memberi Kim sebuah limusin Aurus sebagai hadiah.

Foto-foto yang dirilis oleh media Rusia dan media asing lainnya menunjukkan Putin dan Kim bergiliran mengemudikan Aurus baru di sekitar wisma setelah melakukan pertemuan.

Baca juga : Kim Jong-un Pamerkan Drone dan Rudal ke Rusia dan Tiongkok

Namun, memberikan kendaraan sebagai hadiah kepada Kim merupakan pelanggaran terhadap sanksi Dewan Keamanan PBB.

Berdasarkan Resolusi 2397 yang disahkan Dewan keamanan pada Desember 2017, pasokan, penjualan, dan pengiriman barang-barang mewah ke Korea Utara dilarang dilakukan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut Rusia sebagai sahabat dan sekutu paling jujur bagi negara Asia Timur itu.

Dia juga menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai sahabat terkasih rakyat Korea.

Terakhir kali Putin mengunjungi Korea Utara adalah pada tahun 2000, ketika negara tersebut masih di bawah kepemimpinan Kim Jong Il, ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong Un. (Ant/P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat