visitaaponce.com

Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut

Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut
Dua rudal balistik diluncurkan Korea Utara ke laut timur saat kunjungan Kim Jong un ke Rusia.(AFP)

MILITER Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menembakan dua rudal balistik ke laut timur, Rabu (13/9). Peluncuran dilakukan saat pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sedang mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Pertemuan keduanya dikhawatirkan sejumlah pihak, terutama Amerika Serikat (AS), dapat berujung pada kesepakatan senjata yang dapat membantu upaya perang Moskow di Ukraina. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan tidak menjelaskan jarak tempuh kedua rudal balistik Korea Utara itu.

Penjaga Pantai Jepang yang mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Tokyo mengatakan bahwa kedua rudal tersebut kemungkinan besar telah jatuh ke Laut. Kendati begitu, Jepang tetap mendesak kapal-kapal di sekitar pantai untuk mewaspadai potensi berjatuhannya objek tertentu.

Baca juga: 

Kim Jong-un telah memanfaatkan gangguan internasional yang disebabkan perang Rusia di Ukraina demi meningkatkan pengembangan senjata Korea Utara, sebuah proses yang mencakup lebih dari 100 peluncuran rudal sejak awal 2022.

Menurut para pejabat AS, Putin dapat memanfaatkan pertemuannya dengan Kim untuk mengamankan lebih banyak pasokan artileri Korea Utara dan amunisi lainnya guna mengisi kembali cadangan yang menurun dan memperpanjang invasi ke Ukraina.

Baca juga:

Para ahli mengatakan bahwa Kim, sebagai imbalannya, bisa meminta bantuan ekonomi yang sangat dibutuhkan dan teknologi senjata canggih untuk memajukan program senjata nuklir dan rudal Korea Utara. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat