visitaaponce.com

Israel akan Respons Serangan Iran

Israel akan Respons Serangan Iran
Seorang wanita berjalan di depan banner bergambar rudal dengan emblem Iran.(AFP/ATTA KENARE)

MENTERI Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Israel telah mengambil keputusan untuk menanggapi serangan pesawat tak berawak dan rudal balistik Iran. Dia berharap hal ini dilakukan dengan cara yang meminimalkan eskalasi.

“Jelas Israel mengambil keputusan untuk bertindak. Kami berharap mereka melakukan hal ini dengan cara yang sesedikit mungkin meningkatkan ketegangan,” kata Cameron, yang berbicara kepada wartawan di Israel, pada Rabu (17/4).

Inggris ingin melihat sanksi terkoordinasi terhadap Iran, tambahnya. Alasannya Inggris tidak menerima sekutunya diserang Iran yang juga merupakan musuh Amerika Serikat (AS).

Baca juga : NATO Kutuk Serangan terhadap Kapal Tanker Israel dan Peringatkan Iran

“Mereka perlu diberi pesan yang jelas dan tegas oleh G7,” katanya.

Selain Inggris, negara-negara barat yang tergabung dalam Uni Eropa (UE) sedang menggodok sanksi baru untuk Iran. Para pejabat UE akan bertemu di Brussels, Belgia, untuk menentukan sanksinya.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell mengatakan blok tersebut akan berupaya untuk memperketat tindakan terhadap pasokan persenjataan Iran, termasuk drone ke Rusia dan kelompok proksi di Timur Tengah.

Baca juga : UE Bersiap Memperluas Sanksi terhadap Iran Setelah Serangan terhadap Israel

Namun, pilihan UE untuk memberikan sanksi kepada Iran masih terbatas karena negara tersebut sudah terkena sanksi berat, kata Dave Keating dari France24, yang melaporkan dari Brussels.

Terpisah, Iran merayakan keberhasilan dalam melancarkan serangan balasan terhadap Israel atas penghancuran gedung konsultannya di Damaskus, Suriah.

Republik Islam tersebut melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel pada Sabtu (14/4), sebagai tanggapan atas serangan udara tanggal 1 April terhadap konsulatnya di Damaskus yang secara luas disalahkan pada Israel.

"Operasi yang dijuluki Janji Jujur itu menurunkan kejayaan rezim Zionis (Israel). Operasi ini menunjukkan bahwa angkatan bersenjata kami siap,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi saat menghadiri parade militer di sebuah pangkalan militer di pinggiran Teheran, Rabu (17/4). (France24/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat