visitaaponce.com

UE Bersiap Memperluas Sanksi terhadap Iran Setelah Serangan terhadap Israel

UE Bersiap Memperluas Sanksi terhadap Iran Setelah Serangan terhadap Israel
Kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell(AFP)

KEPALA kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell, mengatakan Brussels sedang memulai upaya untuk memperluas sanksi terhadap Iran setelah serangan Tehran terhadap Israel.

Berbicara setelah pertemuan darurat daring para menteri luar negeri UE, Borrell mengatakan blok tersebut akan mencari untuk memperketat tindakan terhadap pasokan senjata Iran -termasuk drone - ke Rusia dan kelompok proksi di sekitar Timur Tengah.

"Beberapa negara anggota mengusulkan penerapan tindakan pembatasan yang diperluas terhadap Iran," kata Borrell.

Baca juga : Israel Desak DK PBB untuk Berlakukan "Semua Sanksi yang Mungkin" terhadap Iran

Diplomat papan atas UE mengatakan meminta layanannya "memulai pekerjaan yang diperlukan terkait dengan sanksi".

Menteri luar negeri UE mengadakan pembicaraan mendesak setelah serangan drone dan misil yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Iran terhadap Israel akhir pekan lalu, yang menyebabkan sedikit kerusakan.

Pertemuan mereka datang menjelang KTT dua hari para pemimpin UE di Brussels, di mana eskalasi berbahaya di Timur Tengah akan menjadi sorotan utama dalam agenda.

Baca juga : Harga Minyak Turun Berkat Harapan Penurunan Eskalasi Pasca-Serangan Iran

Serangan langsung pertama Tehran ke tanah Israel sebagai tanggapan atas serangan mematikan terhadap konsulatnya di Damaskus yang secara luas disalahkan pada Israel.

Borrell mengatakan negara-negara UE secara bulat mengulangi kecaman mereka terhadap serangan Iran dan mendukung hak Israel untuk bertahan sendiri.

"Kita harus menjauh dari tepi jurang," kata Borrell.

Baca juga : Tentara Israel Berjanji akan Balas Serangan Iran 

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menyambut "tren positif menuju penerapan sanksi terhadap Iran" di X, yang sebelumnya adalah Twitter.

UE telah memberlakukan sanksi terhadap Iran atas penyediaan drone kepada Rusia untuk perangnya di Ukraina dan telah mengancam akan menghukum Tehran jika memberikan rudal kepada Moskow.

Borrell mengatakan beberapa negara anggota telah mengangkat kemungkinan menambahkan Pasukan Garda Revolusi Iran ke daftar hitam teroris UE, tetapi dia mencatat hal ini pertama kali memerlukan keputusan hukum di negara anggota. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat