visitaaponce.com

Pejabat UE Josep Borrell Sarankan Embargo Senjata kepada Israel

Pejabat UE Josep Borrell Sarankan Embargo Senjata kepada Israel
Kepala kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mendesak negara-negara sekutu Israel menghentikan pengiriman senjata ke Israel.(AFP)

KEPALA Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mendesak negara-negara sekutu Israel, terutama Amerika Serikat (AS) untuk berhenti mengirimkan senjata. Alasannya karena terlalu banyak warga sipil di Gaza yang dibunuh Israel.

Merujuk pada komentar Presiden AS Joe Biden pekan lalu bahwa tindakan militer Israel berlebihan, Borrell mengatakan embargo ini. Tujuannya guna menekankan bertambahnya korban sipil.

"Anda yakin bahwa terlalu banyak orang yang terbunuh, mungkin Anda harus mengurangi jumlah senjata untuk mencegah begitu banyak orang terbunuh," jelasnya pada konferensi pers di Brussel, Belgia, bersama Kepala Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) yang ditekan Israel untuk mengundurkan diri, Philippe Lazzarini.

Baca juga : Erdogan Serukan Tekanan kepada AS untuk Hentikan Serangan Israel

Dia juga mengecam perintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa lebih dari satu juta warga Palestina yang berlindung di kota Rafah di Gaza perlu dievakuasi. Menurut dia Gaza sudah tidak lagi memiliki tempat berlindung selain di Rafah

"Mereka akan mengungsi - ke mana? Ke bulan? Ke mana mereka akan mengevakuasi orang-orang ini?" ujar Borrel.

Perang Gaza dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober. Itu mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil.

Baca juga : 5 Fakta Terkini Konflik Israel-Palestina di Gaza

Bersumpah untuk melenyapkan Hamas, Israel melancarkan serangan militer besar-besaran di Gaza yang menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut telah menewaskan sedikitnya 28.064 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat