visitaaponce.com

Perwakilan PBB Minta Uni Eropa Hadir Cegah Kekerasan Warga Palestina di Tepi Barat

Perwakilan PBB Minta Uni Eropa Hadir Cegah Kekerasan Warga Palestina di Tepi Barat
Rekaman udara dramatis yang dirilis militer Israel menunjukkan ribuan orang berada di dalam dan di sekitar truk bantuan kemanusiaan.(AFP)

PELAPOR khusus PBB mengenai situasi hak asasi manusia di wilayah pendudukan Palestina, Francesca Albanese mengatakan Uni Eropa (UE) perlu meningkatkan perannya dan mempertahankan kehadirannya di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

"Kehadiran seperti itu akan bertindak sebagai perlindungan pasif bagi warga Palestina, sementara langkah-langkah yang lebih formal akan diambil," kata Albanese dilansir Aljazeera Sabtu (25/5).

Pelapor PBB menyampaikan pernyataannya itu menyusul kunjungan diplomat Uni Eropa ke Lembah Jordan yang diduduki dan lingkungan yang semakin koersif, ditimbulkan oleh pasukan pendudukan Israel dan pemukim bersenjata terhadap komunitas Palestina.

Baca juga : Spanyol Dorong Uni Eropa Ciptakan Perdamaian di Gaza, Jangan Pakai Cara Militer

Albanese juga mempertanyakan apakah perwakilan UE sekarang akan memberi tahu pemimpin mereka bahwa apartheid Israel meningkatkan kekerasan hariannya terhadap warga Palestina.

Sementara itu, Senator AS Bernie Sanders memperingatkan bahwa jika AS mengabaikan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di Gaza, maka AS tidak akan mempunyai kredibilitas untuk mengkritik tindakan negara mana pun, tidak peduli betapa buruknya tindakan tersebut.

Dalam postingan di media sosial yang disertai video senator Vermont berpidato, Sanders mengatakan AS mengklaim sebagai pemimpin dunia bebas.

“Semaksimal mungkin, kami berupaya memobilisasi negara-negara untuk menegakkan hukum internasional dan mencegah kejahatan terhadap kemanusiaan,” katanya.

“Bagaimana Amerika Serikat bisa mengkritik negara mana pun di dunia? Apakah itu Rusia, Tiongkok, Arab Saudi atau siapa pun, negara lain mana pun di dunia, jika kita berpura-pura seperti apa yang terjadi di Gaza. Jika kita benar-benar percaya apa yang dikatakan Netanyahu,” pungkasnya. (Aljazeera/fer)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat