visitaaponce.com

Spanyol Dorong Uni Eropa Ciptakan Perdamaian di Gaza, Jangan Pakai Cara Militer

Spanyol Dorong Uni Eropa Ciptakan Perdamaian di Gaza, Jangan Pakai Cara Militer
PM Spanyol Pedro Sanchez(AFP/Oscar del Poso)

PERDANA Menteri Spanyol Pedro Sanchez mendorong Uni Eropa (UE) untuk bertindak secara koheren dalam menyikapi konflik di Gaza, Palestina

Sanchez mengatakan bahwa Spanyol, bersama dengan negara-negara Eropa lainnya, mendesak UE untuk berbicara secara substansial mengenai konflik tersebut selama pertemuan khusus Dewan Eropa.

Namun, dalam kesimpulan dewan yang diterbitkan, hanya ada satu keputusan mengenai konflik tersebut, "Dewan Eropa membahas perkembangan terkini di Timur Tengah."

Baca juga : Belgia Tetap Danai Pengungsi Palestina lewat UNWRA

Sanchez mengakui adanya perpecahan yang jelas dalam krisis ini. Ia menolak menyerah dalam mendukung posisi Spanyol dan mendesak UE untuk menyerukan Israel untuk menghormati hukum kemanusiaan internasional.

Spanyol telah menyerukan gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua sandera, dan konferensi perdamaian yang akan menghasilkan pengakuan internasional atas negara Palestina yang layak.

“Spanyol tidak akan meninggalkan jutaan warga Palestina dan Israel yang menginginkan dan berhak mendapatkan masa depan yang damai dan aman,” kata Sanchez.

Baca juga : Soal UNRWA, Rusia Minta PBB Buktikan Israel Benar atau Bohong

Dia juga menekankan usulan diplomat top UE Josep Borrell, yang, seperti Sanchez, adalah anggota Partai Sosialis Spanyol. Pekan lalu, Borrell berdiskusi dengan para menteri luar negeri UE tentang pentingnya membicarakan solusi dua negara yang konkrit, meskipun Israel telah mengecualikan opsi tersebut untuk saat ini.

“Solusi apa lagi yang ada dalam pikiran mereka? Untuk membuat semua orang Palestina pergi? Untuk membunuh mereka?” kata Borrell.

Ia mengatakan perdamaian dan stabilitas tidak dapat dibangun hanya dengan cara-cara militer.

Baca juga : WHO Sebut Tuduhan Israel soal UNRWA untuk Alihkan Isu Genosida di Gaza

Meskipun UE mendukung usulan Spanyol untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional, banyak pemimpin Eropa lainnya yang lebih mendukung pemerintah Israel.

Misalnya, beberapa negara UE seperti Spanyol, Norwegia, dan Irlandia mengatakan pada minggu ini bahwa mereka tidak akan menarik dana untuk badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

Namun, negara-negara UE lainnya seperti Jerman, Italia, Austria, Prancis, dan Finlandia mengumumkan bahwa mereka akan membekukan pendanaan untuk badan tersebut. (Anadolu/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat