visitaaponce.com

Uni Eropa Pembentukan Negara Palestina Menjadi Jaminan Keamanan Israel

Uni Eropa: Pembentukan Negara Palestina Menjadi Jaminan Keamanan Israel
Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell(AFP)

KEPALA kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pembentukan negara Palestina akan menjadi cara terbaik untuk menjamin keamanan Israel. Borrell mengadakan pertemuan video dengan para menteri luar negeri dari 27 negara UE setelah melakukan tur ke Timur Tengah untuk membicarakan perang Israel dengan Hamas.

Diplomat utama UE tersebut mengatakan telah menarik "kesimpulan politik mendasar" dari diskusinya di kawasan tersebut.

“Saya pikir jaminan terbaik bagi keamanan Israel adalah pembentukan negara Palestina,” kata Borrell dalam ringkasan tertulis pertemuan Uni Eropa.

Baca juga: 200 Pasien Dievakuasi dari Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Borrell bersikeras Israel tidak boleh menduduki Gaza setelah konflik saat ini berakhir dan kendali atas wilayah tersebut harus diserahkan kepada Otoritas Palestina.

“Meskipun ada tantangan besar, kita harus memajukan refleksi kita mengenai stabilisasi Gaza dan negara Palestina di masa depan,” katanya.

Baca juga: Aqsa Working Group Kutuk Serangan Israel ke RS Indonesia

Dalam jangka pendek, Borrell mengatakan, setelah mengunjungi sejumlah negara Arab, ada rasa urgensi atas situasi kemanusiaan yang menyedihkan di Gaza.

“Resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan penghentian sementara kegiatan kemanusiaan merupakan sebuah langkah maju yang besar, namun kita harus memastikan penerapannya secara cepat,” kata pejabat Uni Eropa tersebut.

Kekhawatiran besar lainnya adalah kemungkinan konflik ini akan semakin memperburuk situasi di Tepi Barat dan menyeret aktor-aktor lain di Timur Tengah. “Mengingat meningkatnya kekerasan ekstremis dan pemukim terhadap warga Palestina, terdapat risiko nyata bahwa situasi dapat meningkat,” kata Borrell.

“Laporan tentang sebuah kapal yang dibajak oleh Houthi adalah sinyal mengkhawatirkan lainnya mengenai risiko meluasnya konflik regional.” (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat