visitaaponce.com

Kim Jong-un Berkunjung ke Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tak Jual Senjata

Kim Jong-un Berkunjung ke Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tak Jual Senjata
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat akan berangkat menuju Rusia.(AFP)

PEMIMPIN Korea Utara, Kim Jong-un, telah tiba di Rusia. Kedatangannya dikatakan kantor berita Kremlin untuk melakukan diskusi komprehensif dengan Presiden Vladimir Putin di tengah peringatan dari Washington agar mereka tidak menyetujui kesepakatan penjualan senjata.

Kim meninggalkan Pyongyang menuju Rusia pada hari Minggu (10/9) dengan menggunakan kereta pribadinya. Media pemerintah Korut melaporkan, Kim Jong-un ditemani oleh para pejabat tinggi industri persenjataan dan militer serta menteri luar negeri.

Kantor berita Jepang Kyodo melaporkan pada Selasa (12/9), mengutip sumber resmi Rusia yang tidak disebutkan namanya, kereta yang membawa Kim telah tiba di stasiun Khasan, pintu gerbang kereta api utama ke Timur Jauh Rusia dari Korea Utara.

Baca juga: Kim Jong Un Bertolak Ke Rusia Bertemu Putin

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pihaknya yakin Kim memasuki Rusia pada hari Selasa pagi.

Kim jarang bepergian ke luar negeri, hanya melakukan tujuh perjalanan ke luar negaranya dan dua kali melintasi perbatasan antar-Korea selama 12 tahun berkuasa. Empat dari perjalanan tersebut dilakukan ke sekutu politik utama Korut, Tiongkok.

"Ini akan menjadi kunjungan yang lengkap," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Baca juga: Kim Kun Ok, Kapal Selam Nuklir Buatan Korea Utara

"Akan ada negosiasi antara dua delegasi, dan setelah itu, jika perlu, para pemimpin akan melanjutkan komunikasi mereka dalam format empat mata,” sebutnya.

Seorang pejabat di pemerintahan Khasan menolak untuk mengomentari laporan kedatangan Kim.

Para pejabat AS mengatakan pembicaraan senjata antara Rusia dan Korea Utara secara aktif mengalami kemajuan dan Kim serta Putin kemungkinan besar akan mendiskusikan penyediaan senjata bagi Rusia untuk perang di Ukraina.

Putin tiba di Vladivostok pada Senin, Dia dijadwalkan untuk menghadiri sesi pleno Forum Ekonomi Timur, yang berlangsung hingga hari Rabu.

Peskov mengatakan, pertemuannya dengan Kim akan dilakukan setelah forum tersebut dan tidak ada konferensi pers yang direncanakan oleh para pemimpin.

Belum ada konfirmasi mengenai lokasi pertemuan atau apakah Kim akan menghadiri forum ekonomi tersebut.

Pyongyang dan Moskow membantah bahwa Korea Utara akan memasok senjata ke Rusia, yang telah menghabiskan banyak sekali persediaan senjata selama lebih dari 18 bulan perang.

(CNA/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat