visitaaponce.com

Korea Utara Gelar Pertemuan Plenari Partai Pekerja Korea Bahas Kerja Sama dengan Rusia

Korea Utara Gelar Pertemuan Plenari Partai Pekerja Korea Bahas Kerja Sama dengan Rusia
Korea Utara telah mengadakan pertemuan plenari Partai Pekerja Korea (WPK) yang dihadiri pemimpinnya, Kim Jong-un(KCNA)

KOREA Utara telah mengadakan pertemuan plenari Partai Pekerja Korea (WPK) yang dihadiri oleh pemimpinnya, Kim Jong-un, seperti dilaporkan oleh media negara, Sabtu. Pertemuan ini diharapkan akan membahas langkah-langkah lanjutan untuk melaksanakan perjanjian kemitraan baru dengan Rusia.

Korea Utara menyelenggarakan Pertemuan Plenari Perbesaran ke-10 dari Komite Sentral WPK, Jumat untuk menilai kinerja kebijakan negara pada paruh pertama tahun ini, menurut Korean Central News Agency (KCNA).

Pertemuan ini juga bertujuan untuk "membahas dan memutuskan serangkaian masalah penting yang mendesak dalam menjaga kemajuan pengembangan sosialisme ala Korea," kata KCNA.

Baca juga : Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut

Laporan tersebut menyebutkan lima agenda telah disetujui seluruh anggota Komite Sentral WPK, dan diskusi mengenai agenda-agenda tersebut sedang berlangsung tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Korea Utara biasanya mengadakan pertemuan plenari partai selama beberapa hari pada bulan Juni. Namun, pertemuan tahun ini menarik perhatian lebih karena kemungkinan akan membahas langkah-langkah rinci untuk memperluas kerja sama dengan Rusia setelah penandatanganan perjanjian kemitraan strategis yang komprehensif dengan Moskow.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan puncak di Pyongyang pada 19 Juni dan menandatangani perjanjian yang menyerukan bantuan militer satu sama lain tanpa penundaan jika salah satu pihak diserang secara bersenjata.

Pasal 4 dari perjanjian 23 poin ini dapat dianggap sebagai dasar untuk intervensi militer otomatis dalam kasus agresi terhadap salah satu negara. Ini bisa menjadi pemulihan aliansi era Perang Dingin untuk pertama kalinya dalam 28 tahun. (Yonhap/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat