visitaaponce.com

Hadiahi Limosin Aurus, Putin Sopiri Kim Jong Un Keliling Pyongyang

Hadiahi Limosin Aurus, Putin Sopiri Kim Jong Un Keliling Pyongyang
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.(Dok. AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bergantian mengemudikan mobil Limosin Aurus pada Rabu (19/6), untuk berkeliling Pyongyang. Pemimpin Rusia itu telah menghadiahkan Kim Jong Un Limosin Aurus sebagai hadiah. Ini akan menjadi limosin kedua buatan Rusia.

Kegiatan jalan-jalan ini dilakukan setelah kedua kepala negara itu menandatangani perjanjian yang memperdalam kerja sama militer Rusia-Korut, mencakup janji pertahanan bersama, salah satu langkah paling signifikan Rusia di Asia Pasifik selama bertahun-tahun dan menurut Kim merupakan sebuah aliansi.

Video yang dirilis oleh televisi pemerintah Rusia menunjukkan Putin beralih ke kursi kemudi Aurus, model mobil resmi kepresidenannya saat pulang ke Rusia. Kim terlihat nyengir di kursi penumpang saat mereka berkendara mengelilingi taman bersama kedua pria tersebut lalu bertukar tempat duduk.

Baca juga : Pertemuan Putin-Kim Diikuti Peluncuran Rudal Balistik Korut

Media pemerintah Korea Utara melaporkan pada bulan Maret bahwa Kim Jong Un telah melakukan perjalanan pertamanya dengan Aurus setelah Putin memberinya salah satu mobil tersebut pada bulan Februari.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan pihaknya menilai pemberian Aurus merupakan pelanggaran sanksi PBB atas program senjata nuklir Korea Utara.

Kim diperkirakan memiliki banyak koleksi mobil mewah termasuk model Maybach, Mercedes-Benz dan Rolls Royce yang telah diselundupkan ke negara tersebut karena melanggar sanksi.

(Al Jazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat