visitaaponce.com

Sebagian Wilayah Tanah Air Hari Ini masih Diprediksi Diguyur Hujan

Sebagian Wilayah Tanah Air Hari Ini masih Diprediksi Diguyur Hujan
Ilustrasi. Pekerja menggunakan payung menghiindari guyuran hujan di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (29/1).(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Utara Maluku Utara. Fenomena ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau yang dikenal sebagai wilayah konvergensi. Wilayah ini memanjang dari Filipina selatan hingga Samudra Pasifik Timur Filipina. 

Selain itu, konvergensi angin juga terpantau dari Pesisir Barat Aceh hingga Laut Andaman di Samudra Hindia, serta dari Barat Daya Bengkulu, Sumatera Selatan, hingga Pesisir Barat Sumatera Barat. Di Laut Jawa, wilayah ini terlihat dari Teluk Tomini hingga Selat Makassar, serta di Laut Sulu.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia, umumnya angin bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antra 10 hingga 50 km/jam. Suhu udara diperkirakan berkisar antara 21 hingga 35 derajat Celsius, dengan kelembapan mencapai 50 hingga 100%.

Baca juga : Prakiraan Cuaca 28 Mei, Terjadi Konvergensi Panjang di Beberapa Wilayah Indonesia

BMKG memperingatkan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Papua, dan Papua bagian selatan, berada dalam kategori sangat mudah terbakar. Masyarakat diimbau untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan di wilayah-wilayah tersebut.

Gelombang laut di sekitar Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Potensi banjir rob atau gelombang tinggi perlu diwaspadai di pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, dan pesisir Ambon.

Berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di wilayah Indonesia hari ini:

  • Pulau Sumatera: Padang dan Banda Aceh cerah berawan, Pekanbaru berkabut, Medan dan Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan. Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Bengkulu berawan hingga berawan.
  • Pulau Jawa: Serang, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta cerah berawan hingga berawan.
  • Pulau Bali dan Nusa Tenggara: Kupang dan Denpasar cerah berawan hingga berawan, Mataram berpotensi hujan ringan.
  • Pulau Kalimantan: Pontianak cerah berawan, Palangkaraya hujan ringan, Tanjung Selor hujan sedang, Samarinda dan Banjarmasin waspada hujan disertai petir atau kilat.
  • Pulau Sulawesi: Makassar berawan, Gorontalo, Mamuju, Palu, dan Kendari hujan ringan, Manado waspada hujan disertai petir atau kilat.
  • Indonesia Bagian Timur: Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura umumnya hujan.

BMKG mengingatkan bahwa informasi ini adalah gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih spesifik yang diperbarui setiap 3 jam, masyarakat disarankan mengakses informasi terbaru di wilayah masing-masing. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat