visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Indonesia Rabu 266, Waspadai Potensi Banjir Rob di Pesisir Jawa Tengah

Prakiraan Cuaca Indonesia Rabu (26/6), Waspadai Potensi Banjir Rob di Pesisir Jawa Tengah
Foto udara kondisi permukiman warga yang terdampak rob di Desa Tugu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah(ANTARA FOTO/Aji Styawan)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia merilis prakiraan cuaca Rabu  (26/6) yang mencakup berbagai wilayah di Indonesia. 

Berdasarkan informasi yang diberikan, BMKG mencatat adanya daerah konvergensi yang memanjang di berbagai wilayah, yaitu di Laut Andaman, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Barat Daya Lampung, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, Laut Banda hingga Teluk Tomini, Papua Pegunungan hingga Papua Barat, Samudra Pasifik Selatan Filipina hingga Laut Sulu, Samudra Pasifik Timur Filipina dan Laut China Selatan.

Sementara wilayah pertemuan angin atau konfluensi terpantau di Laut Banda, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Flores, Laut Jawa, serta Laut Arafuru, Selat Karimata, Laut Natuna, dan juga di Samudra Hindia Barat Nusa Tenggara Timur, hingga Barat Daya Lampung.

Baca juga : Cuaca Indonesia Selasa 4 Juni 2024, Waspadai Banjir Rob dan Hujan Petir

Daerah konvergensi ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan daerah konfluensi tersebut.

Angin dan Gelombang Laut

Angin permukaan dominan bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 40 km per jam. Terdapat peningkatan kecepatan angin yang mencapai lebih dari 25 knot di Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Maluku, Laut Banda, dan Laut Arafuru, yang dapat meningkatkan tinggi gelombang laut di sekitar wilayah tersebut.

Suhu dan Kelembaban Udara

Suhu udara umumnya berkisar antara 19 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembaban udara mencapai 50 hingga 100 persen. Beberapa wilayah dikategorikan dalam fire danger rating system, yaitu sebagai wilayah yang sangat mudah terbakar. Wilayah tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua. BMKG menghimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Senin (17/6) di Wilayah Indonesia 

Peringatan Khusus

Peringatan juga dikeluarkan terkait potensi banjir rob di pesisir Jawa Tengah pada esok hari.

Prakiraan Cuaca untuk Kota Besar

Berikut adalah prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di Indonesia:

  • Pulau Sumatera 

Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang, dan Padang berpotensi hujan ringan. Pekanbaru diprakirakan berkabut. Bengkulu dan Bandar Lampung di prakirakan hujan ringan, kemudian Jambi, dan Pangkal Pinang diprakirakan berkabut, dan Palembang berpotensi hujan disertai petir.

Baca juga : Akhir Pekan, Cuaca di Daerah Jawa Tengah Cerah Berawan

  • Pulau Jawa 

Serang, Bandung, Semarang berpotensi hujan ringan. Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya diperkirakan berawan. Kupang cerah berawan. Mataram dan Denpasar berawan.

  • Bali & Nusa Tenggara

Wilayah Kupang diprakirakan cerah berawan, sementara Mataram dan Denpasar diprakirakan berawan. 

  • Pulau Kalimantan 

Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin berawan. Tanjung Selor berpotensi hujan ringan. Samarinda berpotensi hujan sedang.

Baca juga : Potensi Hujan di Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Hingga Lebaran Idul Adha

  • Pulau Sulawesi

Makassar dan Kendari berawan. Manado berawan tebal. Gorontalo dan Palu hujan ringan. Mamuju berpotensi hujan lebat.

  • Wilayah Timur Indonesia

Ternate, Manukwari, Ambon, dan Jayapura berpotensi hujan ringan.

Dengan informasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam aktivitas sehari-hari. Tetap waspada dan pantau perkembangan cuaca lokal dari sumber yang terpercaya. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat