visitaaponce.com

Sejumlah Lokasi di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Sejumlah Lokasi di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob
Rumah warga di Jakarta Utara tergenang banjir rob.( Medcom.id/Yurike Budiman)

SEJUMLAH lokasi di Jakarta Utara mengalami banjir rob pada Selasa (4/6) malam. Salah satu titik yang terendam banjir yaitu kawasan pemukiman Muara Angke, RW 022, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara

Ketua RW setempat, Bani Sadar mengatakan banjir ini adalah fenomena yang kerap dialami di wilayahnya. Bani mengatakan ada 11 RT yang terendam, bahkan ada yang mencapai 50 sentimeter.

"RW 022 semuanya ada 11 RT yang tergenang, yang lebih parah adalah RT 9 sebagian, RT 7 dan RT 6. Ketinggian air juga bervariasi, ketiga RT itu hampir mencapai 50 sentimeter," kata Bani di lokasi, Selasa (4/6) malam.

Baca juga : BPBD DKI: Waspadai Potensi Banjir Rob Di Wilayah Jakarta Utara

Akibat banjir yang sering melanda, warga Muara Angke tidak ada yang mengungsi dan memilih tetap tinggal. Bahkan tak sedikit anak kecil yang bermain air banjir meski sudah lewat pukul 11.00 WIB.

"Karena sudah terbiasa, maka orang sudah mulai membiasakan diri jadi tidak ada yang dievakuasi," kata Bani.

Sementara, Komandan Pleton Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Utara Muhammad Zidan Firdhaus mengatakan pihaknya mengerahkan petugas di lima titik banjir rob di Jakut. Diantaranya, RE Martadinata, Muara Angke, Muara Baru, Pintu Air Pasar Ikan dan Marunda.

Baca juga : BPBD DKI Jakarta Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta

"Potensi banjir rob sesuai peringatan terjadi jam 20.00 WIB sampai 00.00 WIB," ujar Zidan.

Pihak BPBD juga akan mengerahkan perahu karet, yang bersifat situasional, jika warga memerlukan bantuan evakuasi.

Sebelumnya seperti diberitakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, merujuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Maritim Tanjung Priok menginformasikan adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama.

Hal ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Warga yang tinggal di wilayah pesisir utara Jakarta seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke, dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi terjadinya banjir pesisir (rob).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat