visitaaponce.com

Potensi Hujan di Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Hingga Lebaran Idul Adha

Potensi Hujan di Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Hingga Lebaran Idul Adha
BMKG memperkirakan hujan lebat akan terjadi di daerah pegunungan bagian tengah pada malam hari, diperkirakan akan berlanjut hingga Idul Adha(Freepik)

SEJAK pagi sejumlah daerah Pantura, Jawa Tengah diguyr hujan ringan. Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di liam daerah di kawasan pegunungan bagian tengah di malam hari. Kondisi ini diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan berlangsung hingga Idul Adha, Senin (17/6).

BMKG Jawa Tengah mengungkapkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat  terjadi di kawasan pegunungan, yakni Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Temanggung dan Magelang.

"Potensi hujan ringan-sedang  siang/sore-malam tidak merata di sejumlah daerah, namun pada malam akan turun hujan terutama di kawasan pegunungan bagian tengah Jawa Tengah," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Gembita Icky Dzikrillah, Kamis (13/6).

Baca juga : Sejumlah Daerah di Jateng Diperkirakan Hujan Lebat

Berdasarkan pengamatan satelit cuaca pukul 05.30 WIB, lanjut Gembita, hujan dengan intensitas ringan-sedang berpotensi terjadi di Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Klaten, Karanganyar, Kajen, Pemalang, Slawi, Surakarta, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan, kata Gembita, berpotensi terjadi di Cilacap, Kebumen, Purworejo, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Ungaran, Kendal, Batang, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

"Angin dari timur ke selatan dengan kecepatan 3-25 kilometer per jam, suhu udara 23-34 derajat celcius dan kelembaban udara 50%-95%," ujar Gembita.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan hujan melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah, diperkirakan akan berlangsung hingga Hari Raya Idhul Adha Senin (17/6).

Hujan disertai angin kencang dan petir tersebut, menurut Teguh, dipengaruhi aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator yang diprakirakan aktif di wilayah Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, Maluku Utara, Papua Barat Daya dan Papua Barat dalam sepekan ke depan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat