visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Jawa Tengah Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Prakiraan Cuaca Jawa Tengah: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Ilustrasi(MI/Ramdani)

POTENSI hujan lebat dengan durasi singkat yang disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di delapan daerah kawasan pegunungan bagian tengah Jawa Tengah, Senin (1/7). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang pun mengeluarkan peringatan dini dan meminta masyarakat mewaspadai ancaman bencana longsor dan angin ribut atas prakiraan cuaca tersebut.

Berdasarkan pengamatan cuaca pukul 05.30 WIB, potensi hujan lebat di Jawa Tengah terjadi di daerah Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Temanggung dan Magelang.

"Durasi hujan lebat berlangsung pendek, namun dapat disertai angin kencang dan petir," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Gembita Icky Dzikrillah.

Angin pada umumnya bertiup dari timur ke selatan dengan kecepatan 3 hingga 25 kilometer per jam. Adapun, suhu udara berkisar 23-34 derajat celsius dan kelembaban udara 50%-90%.

Selain potensi hujan lebat, menurut Gembita Icky Dzikrillah, hujan ringan-sedang juga diprediksi turun di sejumlah daerah di Jawa Tengah yakni Batang, Kajen dan Ambarawa, sedangkan hujan ringan di Cilacap, Kebumen, Purworejo Klaten, Karanganyar, Blora, Ungaran, Kendal, Pemalang, Brebes, Surakarta, Salatiga, Pekalongan, Tegal, Bumiayu dan Majenang. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat