visitaaponce.com

Waspada Hari ini 3 Siklon Terpantau di Beberapa Wilayah

Waspada! Hari ini 3 Siklon Terpantau di Beberapa Wilayah 
BMKG memantau tiga siklon yang memengaruhi cuaca di Indonesia.(Freepik)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau tiga sirkulasi siklon yang terjadi di beberapa wilayah. Siklon ini menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia, hari ini, mengalami hujan.

Siklonik pertama terpantau di sekitar Selat Karimata, disusul sirkulasi siklonik kedua di wilayah Selat Makassar, dan terakhir terpantau di Filipina bagian timur.

BMKG menyebutkan, situasi ini akan membentuk pertemuan dan memperlambat kecepatan angin di beberapa wilayah, antara lain di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Tengah Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Siapkan Payung, Jakarta Diprediksi Hujan pada Jumat 28 Juni 2024

Lebih lanjut, daerah konvergensi lainnya juga terpantau di wilayah Riau hingga Sumatera Barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di sekitar Maluku, Timur Leste, Papua Pegunungan hingga Laut seram.

Selain itu, daerah konfluensi atau pertemuan angin juga terpantau di daerah Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Karenanya, kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik, daerah konvergensi, serta daerah konfluensi tersebut.

Udara Kering

BMKG mengumumkan intrusi udara kering diprakirakan terjadi mulai dari wilayah selatan Indonesia hingga menjalar ke Laut Arafuru. Hal ini menyebabkan pengangkatan uap air basah di wilayah sebelum intrusi udara kering, yaitu di sekitar Pulau Papua.

Baca juga : Awas Longsor, 6 Daerah di Jawa Tengah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Kecepatan Angin

Prakiraan angin lapisan permukaan di wilayah Indonesia biasanya bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 10 hingga 50 km/jam.

Kemudian harus diwaspadai terhadap peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot atau lowe level jet yang diprakirakan terjadi di sekitar Laut Arafuru, yang dapat menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut.

Suhu dan Kelembaban Udara

Perkiraan suhu di kota-kota besar di Indonesia secara umum berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembaban antara 50% hingga 100%.

Baca juga : Prakiraan Cuaca BMKG untuk Kamis 27 Juni 2024, Awan Hujan Mengintai di Beberapa Wilayah

Tinggi Gelombang Laut

Prediksi tinggi gelombang di Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Perlu diwaspadai ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter yang diprakirakan terjadi di wilayah selatan Samudera Hindia mulai dari Banten hingga Jawa Barat.

Prakiraan Cuaca Kota-Kota Besar di Wilayah Indonesia

1. Sumatra 

Wilayah Banda Aceh diprakirakan berawan tebal, Pekanbaru diprakirakan berkabut, Padang dan Tanjung Pinang diprakirakan hujan ringan, serta Medan berpotensi hujan sedang.

Selain itu, untuk wilayah Palembang diprakirakan berawan, wilayah Jambi dan Bengkulu berpotensi hujan ringan, serta wilayah Bandar Lampung dan Pangkal Pinang perlu diwaspadai karena berpotensi terjadi hujan disertai petir atau kilat.

Baca juga : Prediksi Cuaca BMKG Senin 24 Juni 2024, Sebagian Wilayah Cerah berawan

2. Jawa 

Untuk wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya diprediksi berawan, wilayah Serang dan Jakarta berpotensi hujan ringan, sementara untuk wilayah Bandung berpotensi hujan sedang.

3. Bali dan Nusa Tenggara 

Wilayah Kupang diprediksi berawan dan potensi hujan ringan terjadi di Denpasar dan Mataram.

4. Kalimantan 

Perlu diwaspadai terkait potensi hujan disertai kilat maupun petir di wilayah Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, dan Tanjung Selor.

5. Sulawesi 

Untuk Manado diprediksi berawan, Gorontalo, Mamuju, dan Makassar berpotensi hujan ringan. Sementara untuk Palu dan Kendari berpotensi hujan sedang.

6. Indonesia bagian Timur 

Potensi hujan ringan terdapat di Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat