visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca BMKG untuk Kamis 27 Juni 2024, Awan Hujan Mengintai di Beberapa Wilayah

Prakiraan Cuaca BMKG untuk Kamis 27 Juni 2024, Awan Hujan Mengintai di Beberapa Wilayah
Prakiraan cuaca BMKG(Ilustrasi)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau perkembangan bibit siklon tropis 98W di Laut Filipina, yang saat ini memiliki tekanan atmosfer sebesar 1009 milibar. Dalam 24 jam ke depan, potensi bibit ini berkembang menjadi siklon tropis yang lebih besar masih tergolong rendah.

Selain itu, daerah konvergensi dari Selat Malaka hingga Laut Banda juga diperpanjang, meningkatkan kemungkinan terbentuknya awan hujan di sepanjang jalur tersebut.

Angin dan Gelombang Laut

Angin di wilayah Indonesia diperkirakan akan bertiup dominan dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 40 km/jam.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Kamis 20 Juni 2024, BMKG Imbau Waspada Potensi Hujan Lebat dan Petir

Di wilayah Laut Banda dan Laut Arafuru, angin dapat mencapai lebih dari 25 knot, yang berpotensi meningkatkan ketinggian gelombang laut hingga 2,5 meter. Kondisi ini perlu diwaspadai oleh pelayaran dan aktivitas kelautan di sekitar perairan tersebut.

Suhu dan Kelembaban Udara

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 20 hingga 35 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 40 hingga 100 persen.

Beberapa wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sulawesi, dinyatakan berisiko tinggi terhadap kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat di wilayah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Prakiraan Cuaca Kota-kota Besar

  • Sumatera: Hujan ringan di Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Padang. Medan dan Banda Aceh diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai petir.
  • Jawa: Kota Serang dan Surabaya akan berawan sebagian dengan potensi hujan ringan. Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta akan berawan tebal dengan hujan ringan yang tersebar.
  • Nusa Tenggara: Kupang akan cerah sebagian dengan cuaca kering. Mataram dan Denpasar berpotensi hujan ringan yang bersifat lokal.
  • Kalimantan: Banjarmasin berawan sebagian. Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangkaraya akan mengalami hujan ringan yang tersebar. Pontianak berpotensi hujan dengan petir yang terisolasi.
  • Sulawesi: Makassar dan Kendari berawan dengan potensi kabut di pagi hari. Palu dan Gorontalo berpotensi kabut tebal dengan hujan ringan yang bersifat lokal. Mamuju dan Manado diperkirakan mengalami hujan ringan disertai petir.
  • Timur Indonesia: Ternate, Manokwari, dan Ambon akan mengalami hujan ringan yang tersebar. Jayapura diperkirakan mengalami hujan sedang dengan intensitas bervariasi.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk terus memantau informasi cuaca yang diperbarui setiap 3 jam melalui aplikasi Info BMKG, yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store.

Kondisi cuaca dapat berubah secara cepat sesuai dengan perkembangan di wilayah masing-masing, sehingga penting untuk selalu memperoleh informasi terkini guna menjaga keselamatan dan kesiapan dalam menghadapi dampak cuaca. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat