visitaaponce.com

Awas Longsor, 6 Daerah di Jawa Tengah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Awas Longsor, 6 Daerah di Jawa Tengah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
Ilustrasi.(MI/widjajadi)

HUJAN lebat disertai angin kencang dan kilatan petir berpotensi terjadi di kawasan pegunungan bagian tengah di enam daerah di Jawa Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Kamis (27/6) kembali mengingatkan ancaman bencana
longsor dan cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilatan petir diperkirakan terjadi jelang malam hari.

Enam daerah berpotensi hujan lebat di Jawa Tengah tersebut berada di kawasan pegunungan bagian tengah yakni Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Temanggung dan Magelang. 

"Waspadai bencana longsor dan angin ribut saat terjadi guyuran hujan lebat dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Arief N Kamis (27/6).

Berdasarkan pengamatan satelit cuaca pukul 05.30 WIB, lanjut Arief, selain hujan lebat mengguyur enam daerah tersebut, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga berpotensi di sejumlah daerah seperti Purwokerto, Boyolali, Salatiga dan Majenang serta hujan ringan di Cilacap, Kebumen, Purworejo, Karanganyar, Ungaran, Batang, Kajen, Slawi Bumiayu dan Ambarawa.

"Pada umumnya angin dari arah timur ke selatan dengan kecepatan 05-25 kilometer per jam, suhu udara berkisar 23-34 derajat celcius dan kelembaban udara 50-90%," ujar Arief.

Sedangkan ketinggian gelombang, menurut Arief, masih tetap seperti sebelumnya yakni untuk perairan utara Jawa Tengah 0,5-1,25 meter dan perairan selatan Jawa Tengah 1,25-2,5 meter. "Prakiraan cuaca ini berlaku hingga pukul 19.00 WIB," tambahnya.

Menyangkut ancaman longsor, berdasarkan kondisi cuaca dan pemetaan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang terjadi di sejumlah ruas jalan provinsi seperti Temanggung-Kaloran, Purworejo-Loano, Boyolali-Selo-Jrakah, Purwantoro-Nawangan dan Banjarnegara-Kalibening serta Bumijawa-Salem. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat