visitaaponce.com

PDIP Respons Survei Unggulkan Kaesang di Pilkada Jateng

PDIP Respons Survei Unggulkan Kaesang di Pilkada Jateng
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.(MI/SUSANTO)

PUTRA bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menempati posisi teratas pilihan responden warga Jawa Tengah atas sigi yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) jelang Pilkada Jawa Tengah 2024. Berdasarkan sigi yang digelar 21-26 Juni itu, nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi membayangi Kaesang.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkap 15,9% dari 1.200 responden memilih Kaesang sebagai sosok yang pantas menjadi gubernur Jawa Tengah ketika disodorkan simulasi semi terbuka 21 nama kandidat. Di bawah Kaesang, ada Luthfi yang memperoleh dukungan 12,9%.

Menanggapi itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa PDI Perjuangan telah cukup lama mempersiapkan calon-calon pemimpin untuk Jawa Tengah.

Baca juga : Survei LSI terkait Pilgub Jateng, Kaesang Ungguli Ahmad Luthfi

"PDIP telah cukup lama mempersiapkan calon-calon pemimpin yang berasal dari kepala daerah PDI Perjuangan dan juga yang dari luar," tegas Hasto, di Jakarta, Minggu (30/6).

Hasto menuturkan salah satu sosok yang disebut akan diusung partai berlambang banteng itu ialah mantan Panglima TNI Andika Perkasa. "Bagian dari keluarga partai muncul juga nama Pak Andika," tambah Hasto.

Sebelumnya, berdasarkan simulasi enam kandidat oleh LSI, Kaesang kembali unggul dengan 25,6% disusul Luthfi (16,1%), Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 Taj Yasin Maimoen (13,4%), Bambang Pacul (9,7%), Abdul Wachid (6,2%), dan Sudaryono (6%). Adapun sisanya 22,9% menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Di samping sisi lain, Luthfi unggul dengan 24,2% dalam simulai empat kandidat tanpa memasukkan nama Kaesang. "Jadi kalau ada nama Kaesang, Ahmad Luthfi bersaing ketat dengan Kaesang. Kalau tidak ada Kaesang, Ahmad Luthfi cenderung unggul," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Sementara itu, jika Luthfi dipasangkan dengan Kaesang sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah, pasangan tersebut dipilih 41,2% responden. Ini jauh mengungguli pasangan Sudaryono-Taj Yasin Maimoen (21,1%) dan Bambang Pacul-M Yusuf Chudlori (14%). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat